CPI Raih Anugerah Peduli Pendidikan dari Kemendiknas

640 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Partisipasi PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam pengembangan sektor pendidikan di Provinsi Riau kembali mendapatkan pengakuan nasional. Kementeriaan Pendidikan Nasional memberikan Anugerah Peduli Pendidikan (APP) kepada CPI atas peran dan konsistensinya dalam turut mengembangkan pendidikan nasional guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anugerah tersebut diberikan secara langsung oleh Mendiknas Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA kepada Presiden Direktur CPI Abdul Hamid Batubara dalam sebuah acara di Kantor Kemendiknas di Jakarta beberapa waktu lalu.

’’Anugerah itu sejatinya bukan kebanggaan CPI semata, tapi merupakan kebanggaan masyarakat Riau secara keseluruhan. Anugerah ini tak lepas dari dukungan dan kemitraan dengan berbagai pihak di Provinsi Riau sehingga program-program yang ada berjalan dengan baik,’’ tutur Djati Sussetya selaku General Manager Policy, Government, and Public Affairs (PGPA) CPI.

Djati menjelaskan, pendidikan merupakan salah satu area fokus program pengembangan masyarakat yang selama ini dijalankan CPI, di samping kebutuhan dasar manusia dan pemberdayaan usaha kecil-menengah. Program-program CPI bertujuan melengkapi – bukan menggantikan— peran atau program pemerintah dengan mengedepankan prinsip kemitraan di antara para pemangku kepentingan.

Beberapa program dan partisipasi aktif CPI yang mendapat apresiasi Kemendiknas di antaranya pendirian SMA pertama di Pekanbaru; pembangunan ratusan gedung sekolah mulai TK, SD, SMP, SMA, maupun SMK di Riau; pendirian Politeknik Caltex Riau (PCR); dan Darmasiswa Chevron Riau (DCR) untuk studi PT bagi pelajar SLTa Riau; Di samping itu juga beasiswa untuk masyarakat Sakai mulai tingkat sekolah dasar hingga S2; beasiswa dosen; program bagi mahasiswa berupa Belajar Bekerja Terpadu (BBT), kerja praktik, dan tugas akhir. Selanjutnya adalah peningkatan standar-prosedur serta kelengkapan laboratorium maupun text book beberapa perguruan tinggi; pelatihan kejuruan bagi pemuda putus sekolah sertan penugasan karyawan yang kompeten untuk menjadi dosen tamu.

CPI menerima APP bersama 15 perusahaan nasional dan multinasional lainnya yang beroperasi di Indonesia. APP merupakan bentuk apresiasi Kemendiknas kepada perusahaan-perusahaan atas kepeduliannya dalam turut membangun pendidikan nasional dan terus mendorong peran serta pihak swasta.

’’Terpilihnya CPI di antara ratusan, atau bahkan mungkin ribuan perusahaan, yang beroperasi di Indonesia dapat memacu kami untuk terus berkontribusi terhadap dunia pendidikan di tanah air, khususnya di Riau. Ini juga menjadi momentum bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas program-program kami,’’ ungkap Djati.

Dia menyatakan, pihaknya sangat menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia merupakan kunci menuju kemandirian masyarakat. Pendidikan merupakan fondasi untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan bangsa.(ad/rls)

Posting Terkait