CPI Serahterimakan Gedung Posyandu di Desa Bumbung dan Minas Jaya

216 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Desa Bumbung, Mandau, dan Minas Jaya, Minas, kini memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Ini setelah PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) menyerahterimakan dua gedung posyandu di kedua wilayah tersebut dalam dua kesempatan yang berbeda.

Di Desa Bumbung, Manager PGPA Duri Bekasap, Syaifuddin Abdullah, kemarin menyerahterimakan gedung posyandu Bumbung kepada Kepala Desa Bumbung, H. Achiri. Dalam kesempatan itu, Camat Mandau, Rusli, AMP., melakukan pengguntingan pita sebagai simbol peresmian bangunan tersebut. Bersama-sama dengan Kepala UPTD Kesehatan Mandau, drg. Susilowaty, beberapa orang tokoh masyarakat, Camat Mandau, serta manajemen CPI meninjau fasilitas baru yang terdiri dari satu ruang periksa, satu ruang tunggu, dan satu buah toilet itu.

Selama ini, masyarakat Desa Bumbung harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke desa lain untuk menjangkau pusat layanan kesehatan terdekat. Itulah sebabnya BPMIGAS-CPI membangun gedung posyandu di lokasi itu agar memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat desa itu, utamanya untuk kesehatan para ibu dan anak-anak.

Pembangunan gedung yang dilaksanakan lewat program LBD (Local Business Development atau Pengembangan Usaha Tempatan) pada awal November 2010 itu selesai akhir Desember lalu. Dengan demikian, selain memberikan akses yang lebih baik kepada fasilitas kesehatan ibu dan anak, masyarakat Desa Bumbung yang tergabung dalam program LBD CPI juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan bagi keluarga.

Selain gedung posyandu di Desa Bumbung, baru-baru ini CPI juga menyerahkan sebuah gedung posyandu di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, yang dibangun dengan dana non cost recovery. Posyandu berukuran 6×4 meter persegi itu terletak di RT.04/RW.X. “Dengan adanya bangunan posyandu ini, maka akses masyarakat setempat untuk mendapatkan pelayanan kesejahteraan ibu dan anak juga semakin meningkat,” ungkap TM PGPA Minas, Suyanto.

Bangunan posyandu di Minas juga dibangun oleh kontraktor tempatan guna mendukung pengembangan usaha tempatan. Gedung tersebut kini digunakan masyarakat setiap bulannya untuk program posyandu, seperti menimbang bayi, pemberian makanan tambahan, pemberian imunisasi, dan kegiatan kader posyandu lainnya. Selain pembangunan posyandu tersebut di Minas, CPI bekerja sama dengan Puskesmas Minas dan Ibu-Ibu Chevron Minas (IICM) juga secara rutin menggelar program sosial pemberian makanan tambahan bergizi bagi hampir 400 balita di Kecamatan Minas. Kegiatan bulanan ini berlangsung sejak beberapa tahun lalu, hingga saat ini.

“Akses kepada sarana kesehatan adalah bagian dari bidang Kebutuhan Dasar Manusia yang menjadi salah satu fokus Chevron dalam Program Community Engagement (CE) atau Pelibatan Masyarakat-nya. Program CE ini sebelumnya lebih dikenal sebagai Program CD, Community Development, atau Pengembangan Masyarakat. Dua fokus lain Program CE adalah bidang Pendidikan & Pelatihan, serta bidang Pengembangan Ekonomi Kecil/Menengah,” kata Usman Slamet, General Manager PGPA Sumatra. “Kami berharap, keberadaan posyandu tersebut mememberikan kemudahan bagi sebanyak-banyaknya masyarakat, terutama ibu dan anak, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan seperti yang seharusnya”.(ad/rls)

Posting Terkait