CPNS, Antara Harapan dan Pasrah

97 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rencana penerimaan Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Riau 2010 ini ditanggapi beragam oleh sejumlah warga. Selain ada yang menyambut gembira, juga ada yang bernada kritis untuk proses penerimaan CPNS yang direncanakan pada Juni 2010 ini.

Seperti Rudi, warga Pekanbaru yang sempat gagal ujian CPNS 2009 silam menyatakan akan kembali mencoba melakukan lamaran CPN tahun ini. Meski banyaknya simpang siur kecurangan pada penerimaan tahun lalu, namun Rudi tetap optimis dengan peluang yang hanya sekali setahun itu.

Sikap kritis diungkapkan oleh warga lainnya. Dengan adanya ketimpangan dan simpang siur hasil lulusan CPNS tahun lalu, Anto, warga Pekanbaru ini juga menilai agar adanya transparansi penerimaan CPNS pada 2010 ini.

Menurut Anto, jika ada praktek curang kepentingan para pejabat yang memasukkan relasi mereka, keadaan ini sangat melukai hati para masyarakat Riau umumnya. Dampak yang sangat fatal adalah, rasa tidak percaya masyarakat akan semakin memuncak terhadap pemerintah, khususnya Riau.

“Ya, mudah-mudahan kita tidak dizholimi lagilah dengan praktik curang segelintir orang-orang penting di Riau ini. Kalau ini tetap terjadi, berarti negara ini belum lepas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Masyarakat juga yang rugi. Karena uang rakyat setiap hari setor ke pemerintah melalui berbagai pajak,”harap Anto dengan nada mengeluh.(Surya)

Posting Terkait