CUACA BERSAHABAT… Sejumlah Perairan Sumatera Mereda

102 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah perairan di Pulau Sumatera relatif aman dari ancaman gelombang pasang. Mulai dari perairan Riau, Kepulauan Riau (Kepri) hingga perairan pesisir Barat Sumatera dinyatakan kondusif Rabu (11/03/2009) ini.

Ketinggian gelombang pasang hanya kurang dari satu meter di wilayah perairan Provinsi Riau. Sementara, keadaan gelombang di perairan Batam juga hanya mencapai 0,75 meter hingga 1,25 meter. Sedangkan perairan Natuna sekitarnya juga menurun hanya berkisar 1 meter hingga 1,5 meter.

Kondisi air laut juga mereda hanya antara 0,5 meter hingga 1 meter saja di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera. Keadaan itu dinyatakan aman bagi pelayaran termasuk bagi kapal-kapal kecil yang biasa digunakan nelayan untuk melaut.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, cuaca mulai bersahabat di sejumlah wilayah perairan Sumatera. Keadaan itu akibat berkurangnya pengaruh tekanan rendah dari Samudera Hindia atau laut Cina Selatan.

Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, meski peluang hujan relatif luas di wilayah Sumatera, namun kondisi angin dinilai aman. Sehingg pengaruh hembusan angin tidak membuat gangguan bagi pelayaran untuk melaut.(Surya)

Posting Terkait