Dana Sponsor ISG Harus Dioptimalkan

154 views
JAKARTA (RiauInfo) – Helat olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) III Tahun 2013 di Provinsi Riau tidak boleh membebani daerah. Oleh karena itu, iven olahraga berstandar internasional ini harus mengoptimalkan bantuan dana dari pihak sponsorship.

Demikian antara lain poin dari pertemuan Gubernur Riau HM Rusli Zainal dengan pihak Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang dipimpin Ketua Umum KOI Rita Subowo di Sekretariat KOI Gedung FX Senayan, Jakarta, Senin (5/3). “Kita harus bisa mengoptimalkan bantuan dana dari sponsorship, sehingga tidak membebani daerah,” tegas Rita yang diamini Gubernur Riau.

Kepada pers usai pertemuan, Gubernur Rusli menambahkan bahwa banyak sekali produk-produk asia khususnya Indonesia yang dipasarkan di Timur Tengah. Oleh karena itu, momen ISG akan menjadi tempat promosi bagi mereka.

“Misalnya nanti salah satu acara di ISG adalah fashion show baju-baju muslim dan muslimah. Nanti kita akan kerja sama dengan pengusaha-pengusaha busana muslim yang sudah professional,” tegas Gubernur.

Begitu juga dengan investment forum, yang nanti akan melibatkan Kadin Indonesia, sehingga nanti hasilnya benar-benar optimal. “Dari sekarang semua itu akan kita persiapkan,” ujar Gubernur.
Selain itu, rapat juga membahas soal pembentukan panitia ISG III Tahun 2013 yang nantinya akan berbentuk Keputusan Presiden (Keppres).

Direncanakan sebelum Juni 2012 atau sebelum peresmian Countdown PON dan ISG, Keppres sudah keluar. “Jadi nanti pada peresmian Count Down kita sekaligus akan menyerahkan undangan untuk 57 negara-negara OKI yang akan ikut di ajang ISG,” ungkap Gubernur Rusli.

Hal yang juga tidak kalah penting, rapat tersebut juga membahas tentang berbagai skenario yang ingin dicapai Indonesia pada ajang ISG. “Misalnya secara politik atau budaya, apa yang ingin Indonesia capai dengan adanya ajang ISG ini,” lanjutnya.

Di sisi lain, untuk maksimalnya perhelatan ISG, panitia juga akan segera melibatkan pakar-pakar Islam yang mengerti dengan kondisi dan situasi negara-negara Islam Timur Tengah. “Sehingga nanti tidak ada hal-hal yang kira-kira bisa menjadi masalah. Kita ingin betul-betul ISG ini berlangsung secara profesional,” tegas Gubernur Riau.

Gubernur Rusli pada kesempatan tersebut antara lain didampingi Ketua Harian PB PON Syamsurizal, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Tarmizi Natar Nasution, Wakil Ketua PB PON Zulkifli, tim ahli Sudarto.(zas)

 

Posting Terkait