DARI MELAKA FOOD FESTIVAL Asam Pedas dan Onde-Onde, Masakan Khas Riau atau Malaysia?

748 views
news9822PEKANBARU (RiauInfo) – Melaka Food Festival yang digelar Pemerintah Melaka di Hotel Aryaduta Pekanbaru cukup menarik disimak. Sebab masakan dan penganan yang dipamerkan Melaka kebanyakan tidak asing lagi bagi masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru.

Lihat saja masakan asam pedas yang selama ini sangat dikenal di Riau, ikut dipamerkan dalam festival ini. Begitu pula dengan berjenis-jenis penganan seperti onde-onde, lapek, apam ubi, kue dadar dan sebagainya, sampai saat ini masih banyak ditemukan di Pekanbaru.

Pihak Melaka sendiri mengaku seluruh masakan dan penganan itu sebagai “masak-masak” khas dia. Mereka sangat bangga memiliki banyak jenis makanan, karena bisa dijadikan modal untuk menarik wisatawan datang ke salah satu negara bagian Malaysia itu.

Seperti yang dikatakan Ketua Menteri Melaka, Y.A.B Datuk Seri Hj.Mohd Ali Bin Mohd Rustam, masakan asam pedas sangat diburu oleh wisatawan yang datang ke Melaka. “Kami menyuguhkan dalam bentuk asam pedas ikan padang dan asam pedas ikan kembung,” ungkapnya berpromosi.

Mungkin karena masakan yang diklaim sebagai “masak-masak” khas Melaka itu juga banyak ditemukan di Riau, maka antuasias tamu dari Riau yang menghadiri pembukaan Melaka Food Festival tidak begitu antusias untuk mencicipinya.

Salah seorang tamu menyebutkan, hanya beberapa masakan saja yang rasanya berbeda dengan masakan di Riau. “Selebihnya sama saja dengan masakan di Riau, makanya saya heran juga masakan-masakan itu diklaim sebagai masakan khas Melaka,” ungkap saah seorang tamu.(ad)

Posting Terkait