Dekranasda Bengkalis Ikuti Batam Expo di Kepri

169 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkalis, terus melakukan berbagai langkah konkrit dan improvisasi untuk mempromosikan dan memperluas pemasaran berbagai produk kerajinan dan makanan khas yang dihasilkan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Untuk itu pula, dalam berbagai kegiatan pameran maupun bazar, baik yang dilaksanakan di dalam maupun di luar Provinsi Riau, pengurus Dekranasda Bengkalis berupaya semaksimal mungkin agar dapat mengikuti kegiatan itu. Seperti kegiatan Batam Expo ke-8 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau yang dimulai Rabu (7/5) kemarin.

Dalam expo yang dilaksanakan di Gedung Sumatera Promotion Center di Kompleks Batam Center itu, berbagai produk kerajinan dan makanan ringan khas Bengkalis diboyong ke Batam untuk dipromosikan dan dijual kepada pengunjung.

Kegiatan yang diikuti dari sejumlah kabupaten/kota dari berbagai provinsi pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau lainnya itu serta BUMD, BUMN dan perusahaan swasta nasional itu, akan berlangsung hingga 11 Mei mendatang.

“Tujuan utama keikutsertaan kita memang untuk lebih memperkenalkan berbagai produk kerajinan dan makanan khas Bengkalis. Sebab, sebagaimana pengalaman sebelumnya, melalui kesertaan dalam pameran seperti ini, biasanya permintaan konsumen meningkat. Baik itu selama pameran berlangsung, maupun setelah itu,” ungkap Ketua Dekranasda Bengkalis, Ny Hj Fauziah Siregar Syamsurizal.

Didampingi sejumlah pengurus seperti Ny Hj Nurma Rospian dan Ny Nila Nazamuddin dan Kabag Tata Usaha Dinas Peridustrian, Perdagangan (Perindag) dan Investasi Ny Hj Umi Kalsum Rozali, Rabu (7/5) sore kemarin, Ny Fauziah langsung meninjau dari dekat kesertaan Dekranasda Bengkalis dalam expo tersebut.

Tak hanya itu, Ny Fauziah juga langsung turut melayani pengunjung. Terutama mereka yang ingin memperoleh informasi detail tentang produk-produk kerajinan dan makanan ringan yang dipamerkan dan dijual dalam Batam Expo tersebut.

Layaknya pramustand sungguhan, isteri Bupati Bengkalis ini dengan ramah menjawab dan memberikan segala informasikan yang ditanyakan pengunjung. Misalnya, dimana dan bagaimana cara produk-produk itu dibuat, kemana saja pemasarannya. Kemudian, Ny Fauziah juga ikut Turín tangan melayani pengunjung yang ingin berbelanja.

Adapun produk kerajinan yang dipamerkan dan dijual di stand Kabupaten Bengkalis yang diisi bersama dengan stand Dinas Perindag dan Investasi Kabupaten Bengkalis itu, diantaranya Kain Tenun Lejo dan Keramik dari Kecamatan Bukit Batu.

Sedangkan makanan ringan khas Bengkalis, diantaranya lempuk durian, berbagai jenis manisan, kerupuk udang serta dodol nenas dan dodol durian yang cukup banyak diminati pengunjung pameran.

Sementara itu, dalam expo tersebut, Dinas Peindag dan Investasi mempromosikan berbagai peluang investasi di Kabupaten Bengkalis. Kepada para pengunjung, informasi peluang investasi itu disampaikan melalui berbagai bentuk media. Seperti melalui berbagai macam buku dan gambar yang disajikan dalam bentuk yang menarik.(ad/rls)

 

Posting Terkait