Dekranasda Bengkalis Siap Ikuti Pameran Di Istana Bogor

371 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Sempena penampilan dan atraksi Tim Kesenian dan Kerajinan Provinsi Riau di Istana Bogor pada 8 Maret Mendatang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkalis juga akan ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

Untuk itu, Ketua Dekranasda Bengkalis Hj Fauziah Siregar dan para pengurus lainnya, sejak seminggu terakhir terus melakukan berbagai persiapan untuk mempromosikan berbagai produk unggulan dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Dijelaskan Fauziah, diantaranya produk andalan Bengkalis yang akan ditampilkan dalam pameran yang rencananya langsung dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri Ny Ani Yudhoyono diantaranya Lempuk Durian (Dodol Durian).

“Insya Allah, Dekranasda Bengkalis siap tampil dan menampilkan produk-produk unggulan dalam pameran tersebut. Rencananya kita berangkat dari Bengkalis Selasa besok (6/3, red),” terang istri bupati Bengkalis ini saat ditemui di Kantor Dekrasnada Bengkalis, Jalan Arif Rahman, Senin (5/3) kemarin.

Dijelaskan Fauziah, terpilihnya Lempuk Durian Bengkalis ini, berrdasarkan penilaian tim penilai yang diketuai istri Panglima TNI Ny Ratna Sinar Sari Djoko Suyatno dan isteri Menteri Pertanian Rossi RS Apriyantono pada saat pameran di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

”Alhamdulillah, dalam pameran yang menampilkan berbagai bentuk kesenian dan kerajinan khas dari 11 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, sebagai makanan khas Kabupaten Bengkalis, Lempuk Durian merupakan salah satu makanan khas yang terpilih untuk ditampilkan pada pameran di Istana Bogor tersebut,” terang Fauziah, sembari mengadakan bahwa keikutsertaan Dekranasda Bengkalis ini merupakan bagian dari utusan Dekranasda Provinsi Riau.

Masih menurut Fauziah, penilaian yang tim penilai tersebut sangat ketat. ”Dalam menentukan jenis makanan khas, kerajinan serta kesenian daerah yang akan ditampilkan dalam pameran di Istana Bogor nantinya, tim ini benar-benar-benar sangat selektif,” terangnya.

Ditambahkan Fauziah, berdasarkan hasil penilaian tim pada saat pameran di Pekanbaru tersebut, tidak semua produk dari 11 Kabupaten/Kota yang terleseksi dan dapat ikut ditampilkan pada pameran di Istana Bogor.

”Untuk Kabupaten Bengkalis, selain Lempuk Durian yang memang sudah diakui menjadi ciri khas makanan asli dari Kabupaten Bengkalis, beberapa jenis manisan (makanan ringan) yang juga merupakan salah satu makanan khas daerah ini terpilih dan bakal ikut ditampilkan,” jelas Fauziah.

Adapun jenis manisan yang akan ditampilkan, sambung Fauziah, diantaranya manisan kulit jeruk, pepaya, buah cermai dan buah renda. ”Sedangkan untuk kerajinan tangan, Dekranasda Kabupaten Bengkalis akan menampilkan Kain Tenun Lejo,” tambahnya seraya mengatakan bahwa pada kesempatan itu juga pihaknya juga akan mempromosikan berbagai potensi unggulan yang dimiliki daerah ini.

Posting Terkait