Demo SANAK Diwarnai Aksi Orasi, Bakar Ban, Coret Plang dan Lempar Telur

176 views
BANGKINANG (RiauInfo) – Kepemimpinan Bupati Kampar H Burhanuddin Husin yang sudah memasuki usia ke Lima tahun nya, tidak pernah juga mau tinggal di Balai Pendopo Bupati Kampar di Jalan Prof M Yamin di Bangkinang, mendapat kecaman dari masa yang menamakan diri Satuan Anak Negeri Kampar (SANAK).

“Bupati Kampar H Burhanuddin Husin kenapa sampai saat detik ini juga tidak pernah mau tinggal di Bangkinang, padahal pendopo ini dibangun dengan mempergunakan dana APBD Kabupaten Kampar yang tidak sedikit, apalagi alasan Bupati Kampar agar tinggal di Bangkinang. Padahal semuanya telah disediakan, pendopo jadi sarang hantu saja. Kita berharap untuk pada Pilkada Kabupaten Kampar 2011 ini, kami menghimbau agar masyarakat cedas memilih pemimpin yang tidak terlibat dengan KKN, tidak berstatus tersangka, tidak tersangkut hukum, mau tinggal di Bangkinang,” tegas Koordinator Demo massa SANAK Iwan Kurniawan dalam orasinya, Kamis (20/01) kemarin.

Pantauan wartawan, massa SANAK yang berjumlah sekitar puluan membawa spanduk yang bertuliskan.” Sanak kami harap 5 tahun kedepan pemimpin bersih dari korupsi”. Massa juga membagikan selebaran kepada pengguna jalan yang kebetulan melintas di jalan Bundaran di depan Balai Pendopo Bupati Kampar. Disamping itu, massa juga membakar ban bekas dan melempar telur terhadap plang Merk Balai Bupati Kampar di Jalan Prof M Yamin Bngkinang dan menuliskan Plang tersebut dengan tulisan dikontrakan mess Mahasiswa.

Iwan Kurniawan dalam orasinya, mengatakan Detik demi detik, hari demi hari dan tahun demi tahun. Tidak terasa lima tahun pemerintahan Bupati Kampar H Burhanuddin Husin yang kini akan segera berakhir masa jabatannya. dia berharap pada pemilukada Kabupaten Kampar tahun 2011 mendatang, rakyat nantinya tidak akan memilih sosok pemimpin lama atau yang baru.

” Saya meminta masyarakat di Kabupaten Kampar untuk memilih pemimpin kedepan pemimpin yang bebas dari korupsi. Penyelenggara negara dan pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme. Rakyat kampar menyadari yang layak memimpin kampar kedepan adalah orang bersih dan tidak tersandung dalam kasus korupsi yang hanya merugikan negara dan rakyat,” ujar Iwan.

Sekitar Pukul 13.00 Wib, massa SANAK bergerak berjalan sambil membentangkan spanduk dan mengarah untuk menuju ke Kantor KPUD Kabupaten Kampar di Jalan A Rahman Saleh berjalan kaki dari. Massa yang tiba di Kantor KPUD Kabupaten Kampar yang menyampaikan orasi sebentar dan langsung diterima oleh Nurhamin (anggota KPUD Kabupaten Kampar) dan dua anggota KPUD lainnya yakni Syafril Abdullah dan H Asril Hamzah.

Massa menyampaikan orasinya yang pada dasarnya meminta KPUD Kabupaten Kampar untuk independen dalam pelaksanaan pemilukada kampar 2011. Nurhamin dalam menanggapi aspirasi SANAK mengatakan ucapan terima kasih kepada massa dan mengajak massa untuk mengontrol bersama-sama pelaksanaan Pemilukada Kampar 2011 yang akan datang serta KPUD akan berjanji untuk independen dalam Pemilukada kampar nanti.

Massa meminta Anggota KPUD Kampar untuk mau bertanda tangan komitmen berbersama. Komitmen bersama tersebut berisikan antara lain kami Anak negeri kampar dengan ini menyatakan komitmen bersama medukung Pemilukada Kabupaten Kampar tahun 2011 secara bersih, bebas dari politik uang, Janji-janji palsu serta mendukung pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas dan konsekwen dalam membawa kampar kearah yang terbaik serta tidak tersangkut kasus korupsi. Ketiga anggota KPUD yang menerima massa menandatangani komitmem bersama tersebut.

Demo mahasiswa yang tergabung dalam SANAK ini berjalan dengan aksi damai dan berjalan lancar Aparat dari Kepolisian juga tidak banyak yang diturunkan untuk mengawal jalannya aksi demo tersebut. Usai melakukan aksi demo di Kantor KPUD Kabupaten Kampar massa langsung membubarkan diri.(arief)

Posting Terkait