Dewan Pendidikan Riau Pantau UN di 12 Kabupaten/Kota

1352 views

Logo Dewan Pendidikan Provinsi Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Dewan Pendidikan Provinsi Riau menerjunkan seluruh anggotanya ke 12 kabupaten/kota yang ada di daerah itu untuk memantau pelaksanaan Ujian Nasional  (UN) tingkat  SMA/SMK yang mulai berlangsung Senin (4/4/2016) besok. Hasil monitoring ini akan dievaluasi dan dilaporkan ke Gubernur Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi  Riau.

Menurut anggota Dewan Pendidikan Provinsi Riau, Ir.H.Fendri Jaswir, MP, dari 13 orang anggota Dewan Pendidikan Riau, masing-masing satu orang ditugaskan ke satu kabupaten/kota. Mereka nanti akan memantau paling tidak satu SMA dan satu SMK, baik yang melaksanakan CBT (Computer Based Test) maupun  PBT (Paper Based Test). ‘’Untuk kelancaran monitoring,kami akan berkoordinasi dengan Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota,’’ ujarnya kepada wartawan, Minggu (3/4/2016).

Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Riau yang diterjunkan itu adalah H. Zulkarnain Noerdin, SH,MH,ke Dumai, Prof. Dr. M.Nur Mustafa,Mpd, dan Drs Edi Yusrianto,MPd (Kuansing), Dr. Fakhri Ras, M.Ed (Pelalawan), Muhammad Herwan,SE  (Pekanbaru), Rovanita Rama, SE,MH (Siak), Dr. Junaidi,M.Hum, (Kampar), Dr. Adolf Bastian, M.Pd (Rohul), Drs. Werkanis AS,M.Pd (Inhu), Ir. H. Fendri Jaswir, MP (Kep.Meranti), Drs.H. Syamsuardi, M.Pd (Rohil), H. Khaidir Akmalmas, SH (Bengkalis) dan Drs. H. Al Munir Syafi’I ke Inhil.

Dikatakan, masing-masing anggota telah dibekali petunjuk tentang prosedur operasional standar penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Peraturan Mendikbud Nomor 57 Tahun 2015 tentang penilaian hasil belajar oleh pemerintah melalui UN dan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan melalui Ujian Sekolah. ‘’Para anggota juga dibekali kuisner instrument monitoring,’’ kata Fendri yang juga mantan Ketua Komisi Pendidikan DPRD Riau ini.

Masing-masing anggota, kata Fendri, nantinya akan membuat laporan tertulis menyangkut pelaksanaan UN di tempat yang dimonitor dan mencatat permasalahan yang ditemukan. Kesimpulan dan  saran-saran yang didapat akan dipadukan dengan daerah lain untuk selanjutnya menjadi evaluasi dan rekomendasi Dewan Pendidikan Riau kepada Gubernur Riau.

Pemantauan UN ini merupakan salah satu kegiatan dari sejumlah program kerja tahun 2016 yang telah dirancang Dewan Pendidikan Provinsi Riau. Sejak di-SK-kan oleh Gubernur Riau Februari lalu, Dewan Pendidikan Riau telah menyelesaikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)dan Roadmap program kerja lima tahun Dewan Pendidikan Riau. ‘’Mudah-mudahan Dewan Pendidikan Riau dapat membantu pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di Riau,’’ ujar Fendri Jaswir. (rls)

dewan pendidikan

Posting Terkait