Dewan Sesalkan Sikap Pemprov

549 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebahagian kalangan Anggota DPRD Riau, sangat menyesalkan tindakan Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) yang tidak melibatkan dewan terkait masalah Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Riau. Pasalnya, menurut hasil rumusan ketentuan UU Nomor 33/2004, DAU untuk Riau berkurang. Jadi apa tindakan dewan?

“Ya, sekarang kita (dewan) pasrah saja. Tinggal sejauh mana lobi tim Provinsi Riau untuk mencoba mempertahankan DAU itu. Yang jelas saat ini dewan tidak diajak untuk memikirkan hal itu. Jika tidak diajak, secara otomatis kita serahkan kepada Pemprov,” keluh Anggota Komisi B DPRD Riau, Nurdin, SE,AK kepada RiauInfo di Kantor DPRD Riau, Jumat (14/9).

Menurut Nurdin, padahal dewan telah beberapa kali memberikan masukan tapi tak ada respon sama sekali oleh Pemprov. “Saya kira dengan bersinergi Pemprov dan DPRD Riau dapat memecahkan permasalahan yang ada (seperti DAU). Kalau diperhatikan semua program yang direncanakan Pemprov sama sekali tidak optimal. Artinya dengan alokasi DAU terdahulu, semua aspek belum tergarap semuanya.

Untuk mengetahui apa memang ada hal-hal yang bisa dijadikan masukan dan pertimbangan sebelum formulasi alokasi DAU sesuai dengan Undang-undang Nomor 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Pemerintah Daerah, diterapkan tahun depan. Sebenarnya pemerintah pusat belum mengatakan untuk mengurangi DAU. Karena perlu melihat beberapa aspek dan pertimbangan yang berasal dari daerah.

Adapun pembagian DAU dikembalikan sesuai dengan ketentuan UU Nomor 33/2004, dimana pertimbangannya berdasarkan alokasi dasar dan celah fiskal. Kalau dilihat dari rumusan baru tentang penghitungan DAU Riau. Namun usulan ini tidak merubah variabelnya. Rumusan yang telah ditetapkan bahwa penghitunganya bobotnya 30 persen dari jumlah penduduk. (Dd)

 

Posting Terkait