Disesalkan Turunnya Angka Kelulusan Siswa SMA di Pekanbaru

557 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kalangan DPRD Pekanbaru sangat menyesalkan turunnya angka kelulusan siswa SMA/SMK di Pekanbaru tahun ini. Pasalnya anggaran pendidikan untuk sektor pendidikan sudah sangat besar yakni mencapai Rp1,2 triliun, namun kenapa hasilnya masih mengecewakan.


Seharusnya dengan besarnya anggaran pendidikan ini, kualitas pendidikan di Pekanbaru bisa lebih ditingkatkan, sehingga angka kelulusan Ujian Nasional (UN) tidak anjlok. “Tapi kenyataannya angka kelulusan tersebut tahun ini mengalami penurunan bila dibandingkan tahun lalu,” ujar anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Eljufri.

Karena itu dia minta kepada pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pekanbaru untuk mengevaluasi diri, sehingga diketahui dimana kelemahan-kelemahan tersebut. “Harus dapat dicari dimana kelemahan-kelemahan sistem pendidikan itu,” jelasnya.

Pendapat yang sama juga disampaikan anggota Komisi III DPRD Pekanbaru yang lain, Sarbaini yang meminta agar Disdikpora meninjau kembali sistem pengajaran yang ada sekarang ini, meningkatkan kualitas guru, dan mendistribusikan guru berkualitas di setiap sekolah.

“Bahkan kalau perlu, kepala sekolah yang tidak berhasil meminpin sebuah sekolah dipindahkan saja menjadi guru biasa, tidak perlu dipertahankan lagi,” jelasnya. Hal ini perlu dilakukan agar menjadi cambuk bagi setiap kepala sekolah untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya.(Ad)



Posting Terkait