Diskes Pekanbaru Terus Siaga Menghadapi Bahaya Banjir

513 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru terus bersiaga dalam menghadapi bahaya banjir, terutama dampak terhadap kesehatan masyarakat. Sebab biasanya setelah banjir akan muncul penyakit-penyakit akibat banjir seperti gatal-gatal, diare, dan sebagainya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Rini Hermiati kepada wartawan, Senin (9/12) di Pekanbaru mengatakan guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat korban banjir, pihaknya sudah mengerahkan Puskesmas Keliling.

Saat ini, menurut dia, ada lima Puskesmas Keliling yang dikerahkan ke lokasi bencana banjir, seperti ke Rumbai Pesisir dan Sudomulyo Barat. Puskesmas Keliling ini langsung mendatangi masyarakat yang terkena musibah banjir.

Selain menyiapkan lima Puskemas Keliling, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru juga menghimbau Puskesmas Rawat Inap serta Puskesmas Pembantu di sekitar lokasi banjir unruk selalu siaga. kalau ada masyarakat membutuhkan perawatan, dokter harus turun langsung.

Rini mengatakan, selama menghadapi bencana banjir ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengetahui status atau kondisi banjir saat ini. kalau memang membutuhkan evakuasi, maka Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Sosial.

Untuk diketahui, banjir yang melanda kota Pekanbaru ini telah berlangsung sejak sepekan terakhir ini. Kawasan yang paling parah dilanda banjir adalah Kecamatan Rumbai Pesisir. Disini ratusan rumah warga sudah tergenang banjir.(rgi/ar)

Posting Terkait