Diskes Riau Peringati Hari Malaria Dunia

494 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam rangka memperingati hari Malaria se Dunia, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mengadakan evaluasi dan ekspos terkait penyakit demam berdarah di Riau. Upaya penting program pemerintah dalam penanggulangan penyakit malaria adalah meng-eliminasi penyakit yang ditularkan oleh nyamuk malaria tersebut.

“Program pemerintah saat ini adalah meng-eliminir penyakit malaria. Pengertiannya secara umum dari Dinas Kesehatan melalui pengurangan status suatu daerah yang terjangkit penyakit ini. Dari status epidemik ke status yang lebih rendah. Secara teknis pencegahan dan pemberantasan penyakit telah dilakukan dengan mekanisme formal. Kita harap semuanya berperan hingga masyarakat sendiri juga meningkatkan pencegahan malaria melalui pola hidup yang bersih,”ungkap Kepala Diskes Riau Mursal Amir kepada wartawan, Senin (27/04/2009) di Pekanbaru.

Menurut Mursal, secara teknis Diskes melakukan pencegahan dengan berbagai cara selama ini seperti fogging, abate, pengobatan serta penyuluhan bagi masyarakat. Sementara ini, perubahan grafik penyakit malaria belum terlihat dibanding tahun 2008 silam. Karena tahun ini masih memasuki bulan ke empat.

“Kita harap semua pihak terkait peduli dengan penyakit malaria yang terjadi hampir setiap tahun di Riau. Semua upaya telah kita lakukan sesuai dengan teknis kesehatan. Penjegahan penyakit ini sebenarnya berada ditangan masyarakat sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat dan antisipasi terhadap gigitan nyamuk,”kata Mursal.(Surya)

Posting Terkait