Diskominfo PDE Riau Gelar Kegiatan Pengembangan Kemitraan Lembaga Komunikasi se-Riau

239 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Komunikasi Informatika dan Pengolahan Data Elektronika (Diskominfo PDE) Provinsi Riau menggelar kegiatan Pengembangan Kemitraan Lembaga Komunikasi se-Riau, Selasa dan Rabu (26-27/4) di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Kegiatan ini bertema Peningkatan Peran Lembaga Komunikasi sebagai Penyebar Informasi Publik.

Kepala Diskominfo PDE Riau Ahmad Syah Harrofie saat membuka acara tersebut menyebutkan sangat menyambut baik diselenggaranya kegiatan ini karena dari sini akan dapat diwujudkan masyarakat yang peduli akan informasi, sebagai mana tuntutan dan perkembangan zaman.

“Globalisasi informasi dan gerakan reformasi telah memaksa semua pihak (pemerintah, swasta dan masyarakat) yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi merumuskan kembali dan menata ulang posisi, peran, cara kerja dan bentuk-bentuk pelayanannya,” ungkap dia.

Dikatakannya, dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, aktivitas penyampaian informasi menjadi bagian yang sangat vital. Melalui informasi yang dikelola secara cermat dan akurat, publik akan memahami, bahkan memberikan dukungan ketika suatu kebijakan pembangunan digulirkan.

Demikian pula sebaliknya, jika informasi yang disampaikan tidak dipahami dan kurang transparan, kekhawatiran akan timbulnya keresahan bahkan gejolak dalam masyarakat sangat mungkin terjadi.

Ditambahkannya lagi, untuk meningkatkan sistem komunikasi informasi dan media massa, peran pemerintah yang semula dominan sudah berubah. Sejalan dengan reformasi yang terjadi di berbagai bidang pembangunan, peran pemerintah yang semula dominan sebagai penyedia dan pengatur, sudah berubah menjadi fasilitator untuk terjadinya sistem komunikasi yang kondusif.

Para prinsipnya, menurut Ahmad Syah, pemerintah mendukung sepenuhnyua demokratisasi di bidang komunikasi dan informasi. Pemerintah menyadari bahwa keterbukaan, kebebasan informasi dan kebebasan pers merupakan tuntutan demokrasi dan pemenuhan salah satu hak asasi manusia yang mendorong terciptanya good governance dan bangkitnya participatry development.

Dalam kesempatan ini juga dia menyebutkan bahwa Kementrian Kominfo telah membentuk 60 Desa Komunikasi di Indonesia, dimana 8 desa diantaranya berada di Riau, masing-masing dua desa di Bengkalis, dua desa di Indragiri Hilir, 2 desa di Pelalawan, dan 2 desa di Rokan Hilir.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Dian Syahrial S.Kom dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini diikuti sebanyak 40 orang peserta, dimana 28 orang diantaranya berasal dari Dishub Kominfo Kabupaten/Kota di Riau, dan 12 dari Kota Pekanbaru.(Surya/Rls-PDE)***

Posting Terkait