Disnak Yakinkan Stok Daging Riau Aman

148 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebutuhan daging untuk masyarakat Riau masih bergantung pada pasokan dari luar. Soalnya Riau hanya mampu menyediakan sebesar 30 persen. Namun demikian persediaan daging di Provinsi Riau selama Ramadhan dan lebaran nanti, dijamin masih mencukupi untuk seluruh Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perternakan Provinsi Riau, Drs.HR.Erisman, Kamis (7/9), di Pekanbaru sehubungan bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Dalam kesempatan ini dia
minta kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan stok daging tersebut.

Erisman mengakui setiap Ramadhan dan lebaran, kebutuhan daging melonjak namun Erisman meyakinkan bahwa masayarat jangan khawatir karena stok daging dan ayam masih mencukupi. Meniingkatnya kebutuhan masyarakat Riau akan daging, belum seimbang dengan persediaan daging.

”Setiap tahun Riau membutuhkan sebanyak 44.000 ekor sapi. Dari jumlah tersebut sebesar 70 persen daging sapi didatangkan dari luar Riau,” terang Erisman lagi.

Karena kebutuhan daging Riau banyak dari luar, Disnak melakukan pengamanna bagi masyarakat akan terjaminnya kesehatan daging yang akan dikonsumsi. Disnak melakukan pengecekan/menfilter daging tersebut di pintu-pintu masuk untuk keamanan tersebut.

”Ini kita lakukan agar daging yang masuk betul-betul merupakan daging yang sehat dan bebas dari penyakit kuku, mulut dan kulit. Yang menjadi persolan sekarang ini adalah, pengawasan yang dilakukan pos-pos di pintu masuk seperti pelabuhan, dan lalu lintas darat, bukan merupakan satuan dari Disnak akan tetapi berdiri sendiri,” tegas Erisman.(Surya)

 

Posting Terkait