Diterima Wagubri, Riau Raih WTP 2014

746 views

Wagubri-Terima-WTP-dari-Wapres

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2014 terhadap Laporan Pengelolaan Keuangan Pemerintah, yang diterima Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (12/9/2014) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI dari Wakil Presiden Boediono. Penyerahan ini bersamaan dengan Pembukaan Rapat Kerja Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2014.

Selain Riau, setidaknya ada beberapa Provinsi yang juga meraih WTP, diantaranya Provinsi Jawa Timur, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat dan Kepulauan Riau.

Sementara itu,Wakil Presiden Boediono  mengatakan Laporan Keuangan Pemerintah yang mendapatkan opini WTP tidak membuat para pimpinan instansi berbangga hati, karena opini WTP bukanlah tujuan akhir, tetapi hanya sasaran untuk mencapai good governance dalam pengelolaan keuangan pemerintah.

“Kita sadar bahwa tidak ada jaminan Kementerian atau Lembaga atau Pemerintah Daerah yang telah memperoleh opini WTP telah benar-benar terbebas dari praktek-praktek KKN. Upaya kita harus lebih dari itu,” kata Wapres.

Selain upaya peningkatan kualitas pelaporan keuangan, kualitas Sistem Pengendalian Intern sebagai salah satu alat untuk melakukan pendeteksian dini atas kemungkinan terjadinya praktik-praktik yang menyimpang dalam pengelolaan keuangan Negara juga harus ditingkatkan. “Di sini nampaknya masih banyak yang harus kita kejar,” ujar Wapres.

Posting Terkait