DUA NEGERI DAN DUA SWASTA… Disdik Riau Tunjuk Empat SMA Untuk RSBI 2009

188 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Pendidikan (Disdik) Riau mulai tahun ini fokus pada peningkatan mutu dan pengembangan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Hal ini menyusul tugas dan fungsi Disdik Riau yang juga sesuai dengan Peraturan pemerintah (PP) nomor 38 tahun 2007. Sehingga Disdik Riau telah menetapkan empat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai sekolah yang akan dijadikan RSBI.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Disdik Riau, Emrizal Tambusai, empat sekolah yang dijadikan sebagai RSBI tahun ini yaitu SMAN Plus, SMAN 8 Pekanbaru, SMA Cendana Rumbai dan SMA Babussalam.

“Sebuah sekolah harus menjalani rintisan (RSBI-red) sebelum menjadi SBI nantinya. Untuk tingkat SMA ada empat sekolah rintisan tahun ini yang diambil dari dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta di Provinsi Riau,”terang Emrizal kepada wartawan, Selasa (14/7/09) di Pekanbaru.

Menurut Emrizal, meelaksanakan Rintisan SBI harus dilakukan sejumlah komponen yang harus memenuhi standar. Diantaranya pemenuhan sarana, pemberdayaan sumber daya manusia dan pembangunan kultur di sekolah menjadi salah satu fokus sekolah. Pelaksanaan program RSBI merupakan tantangan yang tidak ringan yang harus dijawab oleh sekolah yang ditunjuk.

Sehingga RSBI ini mempunyai perhatian khusus dari pemerintah dengan anggaran dana tertentu yang bersumber dari pemerintah pusat maupun emerintah daerah. Usaha-usaha yang telah dan sedang dilakukan adalah peningkatan sumber daya manusia dalama bentuk pelatihan bahasa Inggris, pelatihan ICT. Pemenuhan sarana diantaranya semua Kelas dengan ruang ber-AC yang dilengkapi dengan komputer dan sebagainya.

“SBI adalah sekolah yang sudah memenuhi seluruh Standar Nasional Pendidikan (SNP), diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan/atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan sehingga memiliki daya saing di forum Internasional,”terang Emrizal.(Surya/hms*)

 

Posting Terkait