Dua Tahun Terakhir Kabupaten Kampar Raih Penghargaan Kota Kecil Terbersih Tingkat Provinsi Riau

593 views

KAMPAR (RiauInfo) – Kabupaten Kampar yang dikenal dengan julukan Negeri Serambi Mekahnya Provinsi Riau memang patut di acungi jempol, kenapa tidak, karena selama dua tahun terakhir ini Kabupaten Kampar telah berhasil meraih Kota Kecil Terbersih se Provinsi Riau.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pasar Kebersihan dan Pemakaman Kabupaten Kampar H Kamaruzzaman melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelola Kebersihan Ahmad Zaki yang ditemui wartawan, diruang kerjanya di Bangkinang, Selasa (28/12/2010) kemarin.

” Kabupaten Kampar pada tahun 2009 lalu, telah berhasil meraih prestasi yaitu meraih Kota Kecil Terbersih pertama. Akan tetapi dengan terlenanya kita juara pertama dan mendapatkan satu unit Dumptruck untuk operasional kebersihan di Kabupaten Kampar,” ujar Ahmad Zaki.

Selain itu juga Ahmad Zaki yang biasa akrab disapa dengan Zaki, dan ada jufga pada tahun 2010 diakhir tahun kita juga kemarin dapat kembali meraih juara, walaupun itu hanya nomor III se Provinsi Riau.

“Tapi ini merupakan hasil yang patut kita syukuri dengan apa yang kita raih saat ini, kedepannya lagi kita akan tingkatkan lagi agar bisa meraih kembali seperti tahun 2009 lalu. Ini tidak telepas dari peran serta masyarakat seluruh Kabupaten Kampar, penghargaan untuk tahun ini kita terima hanya piala dan piagam penghargaan saja dari Pemprov Riau yang diterima oleh Wakil Bupati Kampar H Teguh Sahono beberapa waktu yang lalu,” sebut Zaki.

Pria yang akrab disapa Zaki ini juga menegaskan, ada beberapa kaegori yang menjadi penilaian oleh Tim dari Provinsi Riau Tim BLH yang tergabung didalamnya Tim Independen, LSM, Wartawan untuk melakukan penilaian.

” Penilaian yang penting itu adalah Lingkungan yang terdiri dari Jalan, Parit, RTH (Ruang Tanaman Hijau). Pasar semuannya dinilai kebersihannya, letak kios, itu masuk dalam juga kategori. Kantor Pemerintah yang ada di Kabupaten Kampar. Rumah Sakit juga masuk penilaian. Terminal dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah serta Sekolah juga dimasukkan dalam penilaian oleh Tim,” kata mantan Sekretaris Panwaslu Legislatif Kabupaten Kampar.

Dijelaskannya, selama dua hari tim penilaian akan meninjau item-item yang telah dikategorikan tadi. ” Jadi untuk tahun 2011 mendatang, kita harus kembali harus merebut juara pertama dalam kategori Kota Kecil Terbersih, grafiknya bukan dari atas kebawah, akan tetapi dari bawah ke atas. Dan kita menargetkan untuk meraih piagam Adipura. Untuk itu perlu kita menghimbu kepada semua pihak untuk membantu menjaga kebersihan disetiap lingkungan dimana tempat tinggal kita, itu dari bawah. Peran serta dan dukungan semua elemen masyarakat tentu apa yang kita cita-citakan akan terwujud dengan hendaknya,” himbau Zaki. (arief)

Posting Terkait