Dulu, Pulau Jemur Pernah Dikuasai Malaysia

422 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Klaim Malaysia atas Pulau Jemur yang berada di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, ternyata sudah lama dikhawatirkan sejumlah pihak. Pasalnya, pulau yang memiliki pantai yang sangat cantik ini letak geografisnya sangat dekat dengan Malaysia.

Budayawan Rokan Hilir, Sudarno Mahyudin misalnya mengaku sudah pernah mengingatkan kepada Pemkab Rokan Hilir bahwa suatu waktu nanti akan ada negara tetangga yang mengklaim pulau itu sebagai wilayahnya. Sebab letaknya lebih dekat ke Malaysia ketimbang Badansiapi-api.

Selain itu, Pulau Jemur punya potensi yang sangat besar, terutama jika dikembangkan sebagai kawasan wisata. Pulau ini memiliki pantai yang sangat cantik, serta tempat berkembang biaknya penyu. “Semua ini tentunya akan menjadi penarik negara lain untuk menguasainya,” ungkap Sudarno lagi.

Orang Indonesia menempati pulau ini sejak abad ke 17. Setelah itu Pulau Jemur dikuasai oleh Panglima Laya dari Malaysia. Bangsa Malaysia ini mengusir orang-orang Indonesia yang tinggal di pulau itu dan menguasainya karena menginginkan telur penyu.

Namun karena Panglima Laya ini tewas dibunuh, orang-orang Indonesia kembali mengusai pulau tersebut. Hingga kini pihak TNI AL dan orang-orang dari Dinas Perikanan sering datang ke Pulau Jemur dan menempatinya.

Itu sebabnya, menurut Sudarno, klaim Malaysia atas pulau Jemur yang diketahui melalui situs wisata tersebut tidak membuatnya terkejut. “Saya hanya berharap Pemkab Rokan Hilir sering menangani pulau itu, sehingga Malaysia tidak seenaknya saja mengklaimnya,” ungkap dia.

Menanggapi itu, Wakil Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengatakan masalah klaim Malaysia itu tidak perlu terlalu dibesar-besarkan. Sebab sudah pasti pulau tersebut milik Rokan Hilir. “Jadi isu tersebut tidak perlu dihiraukan,” ungkap dia.(ad)

 

Posting Terkait