Enam Daerah Riau Kembali Menyala

264 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Musim panas yang masih berlanjut hingga melanda hampir seluruh wilayah Sumatera masih memberikan catatan titik api di beberapa provinsi pulau Andalas ini. Sedikitnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru, Senin (21/01) melaporkan terdapat 23 titik api tersebar di 5 provinsi termasuk Riau.

Selain wilayah Riau, penyebaran titik api berada di wilayah provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung. Di Aceh terdeteksi 9 titik api, Sumatera Utara terdeteksi 4 titik api. Di Bengkulu, Sumbar dan Lampung terseteksi masing-masing ada 1 titik api.

Untuk provinsi Riau sendiri, titik api tersebar di enam daerah seperti di wilayah Rokanhilir terpantau 2 titik api. Sedang di kabupaten Siak, Bengkalis, Pelalawan, Inderagiri Hulu dan Inderagiri Hilir masing-masing terdapat satu titik api. Sehingga jumlah total hotspot di Riau tercatat 7 titik api hari ini.

Udara panas hingga mencapai suhu maksimal 34’celsius yang melanda wilayah Sumatera masih menjadi peneyebab utama tumbuhkembangya titik api tersebut. Menurut BMG, meski pun ada peluang hujan yang akan menekan tumbuhnya hotspot, namun sangat kecil terjadi karena hujan diperkirakan terjadi hanya dengan intensitas ringan dalam waktu yang relatif singkat.

“Hujan masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah Riau. Namun kemungkinannya terjadi pada sore dan malam hari dengan intensitas ringan,”terang Yohanes Drajad Bintoro yang menjabat kepala analisa BMG Pekanbaru, kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait