Enam Warga Duri Kini Dirawat di Ruang Isolasi Flu Burung

85 views

PEKANBARU (RiauInfo): Sebanyak enam orang warga Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, yang pernah kontak Muhammad Nabih (31) penderita positif flu burung yang meninggal dunia di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru pekan lalu, diindikasikan suspect (terduga) flu burung.

Saat ini keenam orang itu dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dalam kondisi demam panas dan sesak nafas. Karena itu, keenam orang ini mendapatkan penanganan khusus dan dinyatakan suspect flu burung.

Informasi yang diterima Jumat (9/11) dari Dinas Kesehatan Riau di Pekanbaru diketahui keenam orang dinyatakan suspect flu burung itu yakni MB (8 bulan), U (41), I (23), AI (5) yang merupakan kakak MB, M (20) tante dari MB dan SM (23) tetangga Muhammad Nasbih.

Kepala Sub Dinas Pelayanan Kesehatan dan Gizi Dinas Kesehatan Riau, Burhanudin Agung kepada wartawan mengatakan keenam orang ini sebetulnya berada dalam pengawasan karena pernah kontak dengan Muhammad Nabih.

Menurut dia, para suspect flu burung itu merupakan tetangga Muhammad Nabih yang tinggal di Simpang Groga Duri. Sedangkan Muhammad Nabih sendiri telah meninggal pada Selasa (6/11) kemarin dan ia dinyatakan positif flu burung dari hasil uji swap lendir tenggorokan, hidung dan serum darahnya.

Diakuinya, pihaknya belum mengetahui kontak penyebaran virus Avian Influenza (AI) warga Duri itu. “Yang jelas besok tim dari WHO dan Balitbangkes datang untuk melakukan penelitian di lokasi tempat tinggal korban,” ungkap Burhanuddin.

Sementara itu, keenam pasien suspect flu burung itu kini dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. MB yang merupakan bayi berumur delapan bulan masuk ke ruang isolasi flu burung pada Kamis (8/11) malam, menyusul lima orang pasien lagi yang merupakan saudara dan tetangganya siang tadi juga dirawat di ruang isolasi rumah sakit rujukan flu burung itu.

Kondisi keenam orang ini tidak ubahnya dengan kondisi Muhammad Nabih sebelum meninggal dunia. Suhu tubuhnya tinggi mencapai 40 derajat dan mengalami sesak nafas. Bahkan MB saat ini kondisinya cukup memprihatinkan.(Ad)

Posting Terkait