ertumbuhan Perekonomian Riau Makin Turun

243 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Laju pertumbuhan perekonomian Riau pada triwulan pertama 2008 mengalami penuruan jika dibandingkan triwulan keempat tahun 2008. Jika pada triwulan keempat tahun 2007 tercatat 8,71 persen, pada triwulan pertama tahun 2008 menjadi 7,81 persen.

Kenaikan harga BBM yang diberlakukan akhir bulan Mei lalu diperkirakan akan membuat pertumbuhan perekonomian Riau akan semakin turun lahi. Diperkirakan penurunan tersebut akan menyentuh level 7,25 persen.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Riau Edyanus Herman Halim mengatakan, semakin menurunnya angka pertumbunan ekonomi Riau disebabkan semakin tingginya jumlah pengangguran. Dari data yang ada menyebutkan angka penganguran saat ini mencapai 15,09 persen, padahal sebelumnya masih 10,09 persen.

Menurut Edyanus makin tingginya angka pengangguran ini dipicu oleh adanya kenaikan harga BBM. “Kebijakan kenaikan harga BBM memang telah memicu terjadi pengangguran yang secara langsung akan menambah angka kemiskinan di daerah ini,” ungkapnya.(ad)

Posting Terkait