Finalis Putri Indonesia Tinjau Pabrik Riaupulp

555 views
news5466PEKANBARU (RiauInfo) – Menyusul akan digelarnya malam final pemilihan Putri Indonesia Wilayah Riau, lima belas orang finalis lomba tersebut melakukan kunjungan ke PT.Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp).

Rombongan putri-putri jelita asal Riau ini didampingi panitia penyelenggara PPI Riau 2008, Pradonggo dan diterima langsung oleh Direktur Riaupulp, Thomas Handoko didampingi Public Relations Manager Riaupulp, Nandik Sufaryono beserta sejumlah staf Public Relations dan Environmental Department Riaupulp di Hotel Unigraha Komplek Riaupulp, Rabu (25/6).

Pada kesempatan kunjungan ke Riaupulp, rombongan diberi pembekalan edukasi publik tentang pembangunan berwawasan lingkungan. Di samping itu, mereka juga diperkenankan melakukan kunjungan ke kawasan pabrik serta melihat secara langsung proses pembuatan pulp dan kertas di Riaupulp.

Dalam sambutannya, Direktur Riaupulp Thomas Handoko menyatakan dukungan dan sambutan yang positif terhadap penyelenggaraan pemilihan Putri Indonesia Wilayah Riau tahun 2008 yang mengusung tema tentang edukasi lingkungan.

“Dengan tema yang sama-sama diusung Riaupulp melalui program Go Green with Riaupulp, kami merasa penyelenggaraan pemilihan Putri Indonesia adalah sebuah wadah yang pantas untuk didorong secara positif guna memberikan pendidikan yang komprehensif bagi masyarakat tentang pembangunan berwawasan lingkungan,“ kata Thomas.

Dijelaskannya juga, Riaupulp menjamin keberlangsungan pasokan bahan baku dengan tetap menjaga kelestarian hutan dengan menerapkan pengelolaan hutan tanaman secara berkelanjutan melalui konsep mozaik plantation.

Lebih jauh Thomas memaparkan upaya Riaupulp dalam menjalankan bisnis ramah lingkungan senantiasa dilakukan secara konsisten sehingga konsep tersebut dapat diterapkan secara berkesinambungan.

Menurutnya, Riaupulp merupakan salah satu dari dua perusahaan di dunia yang menerapkan konsep HCVF (High Conservation Value Forests) yakni konsep proteksi dan konservasi hutan bernilai tinggi.

“Konsep ini ditujukan untuk mengelola konsesi HTI dengan praktek-praktek terbaik sebagai upaya menciptakan sumber bahan baku yang terbarui untuk industri sekaligus memelihara nilai-nilai lingkungan dan menghasilkan manfaat sosial dan ekonomi sembari mensinergikannya dengan pertaturan di Indonesia,“ pungkasnya.

Usai memperoleh penjelasan tentang praktek bisnis Riaupulp, seluruh finalis Putri Indonesia Wilayah Riau diajak untuk melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Komplek Riaupulp sebagai bagian dari program Go Green with Riaupulp. Selanjutnya mereka dibawa ke ruang DCS (Distribution Control Room) untuk melihat secara langsung pusat kontrol pengolahan pulp.

Area terakhir yang mereka kunjungi adalah kawasan nursery (pembibitan) di Estate Pelalawan guna menyaksikan proses persemaian, pemeliharaan dan pembibitan untuk ditanam kembali di kawasan hutan yang menajdi konsesi Riaupulp. (ad/rls)


Posting Terkait