Fireman Riaupulp Ikuti Latihan SAR dan Physical Training di Paskhas TNI-AU

620 views
news4388PEKANBARU (RiauInfo) – Guna meningkatkan kemampuan di bidang penyelamatan (Secure and Rescue – SAR) dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, PT Riaupulp bekerjasama dengan Paskhas TNI AU Pekanbaru menggelar pelatihan pembentukan sikap mental dan peningkatan kemampuan fisik (Physical training).

Upacara pembukaan pelatihan Angkatan Ketiga ini dilakukan General Manager Social Govermen Relations Riaupulp, Herman Gazali, di lapangan Paskhas TNI-AU Pekanbaru, Senin (24/3). Pelatihan tersebut akan berlangsung selama dua minggu ke depan yang diikuti 41 fireman dari seluruh estate di kawasan operasional Riaupulp.

Dalam sambutannya Herman Gazali menyatakan bahwa pelatihan bagi Fireman Riaupulp saat ini adalah Angkatan Ketiga dari seluruh estate di kawasan operasional Riaupulp. Dua angkatan sebelumnya sudah mengikuti latihan yang sama dan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan.

“Itulah sebabnya manajemen Riaupulp memandang perlu untuk melanjutkan pelatihan ini secara bertahap untuk menghasilkan tenaga-tenaga fireman yang handal di lapangan serta punya dedikasi dan disiplin yang tinggi,” kata Herman. Ditambahkannya, hasil tersebut tidak terlepas dari peran serta personil Paskhas TNI-AU yang telah membina fireman selama dua pekan.

“Manajemen Riaupulp mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Paskhas TNI-AU atas kerja sama yang sudah berlangsung sangat baik selama ini,” tandas Herman.

Dalam pada itu, Coordinator Fire and Safety (FS) Riaupulp, Yuneldi, didampingi Public Relations Manager Riaupulp, Nandik Sufaryono, yang menyertai kegiatan tersebut kepada wartawan mengatakan, pendidikan dan latihan yang dilaksanakan itu merupakan bagian penting dalam meningkatkan kinerja serta profesionalisme Tim Fireman Riaupulp dalam menghadapi tugas-tugas pengamanan dalam perusahaan seperti ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan.

“Riaupulp memandang, peningkatan physical capability seluruh personil FS Riaupulp dan security merupakan kebutuhan yang penting dalam menjalankan setiap aktivitas pengamanan, khususnya di kawasan operasional perusahaan mengingat medan dan tantangan yang dihadapi cukup berat,” papar Yuneldi.

Disebutkannya, dalam pelatihan tersebut lebih difokuskan pada aspek kemahiran dalam penanganan krisis di lapangan. Adapun materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar SAR, Fire Safety, serta sejumlah keterampilan lainnya. Dalam pelatihan ini Riaupulp bekerjasama dengan Paskhas TNI-AU Pekanbaru dalam hal pengadaan instruktur pembina serta didukung Tim Fireman Riaupulp dan aparat terkait lainnya.

Yuneldi menambahkan, pengamanan kawasan operasional perusahaan dari ancaman bahaya kebakaran merupakan tanggungjawab semua karyawan dan komponen pengamanan termasuk Fireman. Dalam menjalankan tanggungjawab tersebut Tim Fireman Riaupulp dipandu oleh ketentuan dan aturan standar yang berlaku di perusahaan.

“Bilamana terjadi kebakaran lahan dan hutan, tim kita harus siap melaksanakan tugas dengan sarana dan prasarana yang tersedia dan dibantu Tim Security yang telah mengikuti diklat ini,” ujarnya.

Tim Fireman Riaupulp sendiri, saat ini telah ikut melakukan tugas-tugas pemadaman kebakaran lahan dan hutan di sejumlah tempat di Riau dengan dukungan peralatan modern seperti helicopter dan pompa air bertekanan tinggi yang mudah dioeprasikan, tambah Yuneldi.(Ad)




Posting Terkait