Flu Burung Diprioritaskan, Ketimbang Rabies dan PMK

258 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Saat ini ada tiga penyakit mematikan yang berasal dari hewan ternak dan hewan peliharaan, yakni Avian Influenza (flu burung), rabies dan penyakit mulut dan kuku (PMK). Dari ketiga jenis penyakit tersebut, flu burung dinilai lebih berbahaya dan lebih mematikan. 

Berkaitan hal itu Dinas Peternakan Riau mengakui cukup pusing dengan munculnya ketiga penyakit yang berasal dari hewan ternak dan hewan peliharaan itu. Ketikanya tentu membutuhkan menanganan serius sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi manusia.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Riau, Marzuki Husein melalui Kasubdin BIna Kesehatan Hewan, Hj Rondang Nayati, kemarin diruang kerjanya ketika ditanya soal penyakit ternak yang menjadi fokus perhatian saat ini. “Fokus kita tetap pada AI. Dan ini yang menjadi prioritas, kemudian rabies dan PMK, ujarnya.

AI menurut dia, penyakit yang sangat membahayakan dan sudah menjangkiti seluruh kabupaten dan kota yang berada di provinsi Riau. Apalagi, awal tahun 2007 kemarin, kabupaten inhil dinyatakan posif terseranng AI.

Selama tahun 2006 kemarin terdata hanya sebanyak 27.812 ekor unggas yang mati secara mendadak. 609 ekor unggas diantaranya yang dinyatakan positif terserang flu burung.

Kemudian, untuk penyakit jenis rabies. Kasus yang paling banyak itu terdapat di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang terdapat di provinsi Riau. “Saya kurang ingat jumlah kasus ini. Pokoknya, Pekanbaru dan Kampar yang paling banyak,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk PMK. Jenis penyakit ini memang belum pernah ditemukan di provinsi Riau. Namun demikian ketiga jenis penyakit yang disebutkan diatas tadi tetap menjadi perhatian dari pemerintah.

Mengantisifasi persoalan itu tadi, untuk virus AI. PIhaknya bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kota sudah melakukan desinfektan, vaksinasi dan melakukan pembunuhan serta membakar.(Ad)

 

Posting Terkait