FLU BURUNG “Masyarakat Harus Waspada”

488 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau menjadi salah satu perhatian dunia, terkait banyaknya jatuh korban yang meninggal akibat virus flu burung. Untuk itu, masyarakat harus selalu waspada dengan kejadian semakin hari semakin mengkhawatirkan ini.

“Saya juga merasa was-was dengan banyaknya korban meninggal akibat virus yang mematikan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini dengan cepat, harus diambil langkah-langkah yang kongkrit. Sehingga penyebaran virus H5N1 ini bisa diatasi dengan baik,” ungkap Ketua DPRD Riau drh H Chaidir MM kepada RiauInfo di Kantor DPRD Riau, Senin (12/11).

Chaidir tak bosan-bosannya menghimbau kepada Dinas Peternakan (Disnak) dan Dinas Kesehatan (Diskes) untuk secepatnya turun ke lapangan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat baik di Kabupaten/Kota. Karena hal seperti ini harus ditindak tegas. Sehingga masyarakat secara bersama-sama memahami dan mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini.

Kedua satker ini harus langsung turun ke lapangan dengan memberikan kegiatan pengendalian yang terarah kepada masyarakat. Untuk bagaimana menata cara pola hidup yang sehat. “Yang jelas program ini harus dijalan secara terus menerus. Jangan sampai menunggu satu persatu jatuh korban,” pintanya.

Chaidir menyatakan bahwa penyebaran virus flu burung ini tidak dapat diprediksikan. Ini semua tergantung dengan pola kehidupan masyarakat. Yang lebih penting dengan upaya-upaya pola kehidupan yang lebih bersih. Sehingga semua penyakit yang datang dapat terhindari dibuatnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau, Drs H Djuharman Arifin, APT, MP menambahkan, diminta kepada Pemprov Riau, Pemerintah Kota, Kabupaten dan semua elemen harus dapat melakukan koordinasi yang baik. “Ya, dengan cara seperti ini ada lebih baiknya juga,” tuturnya.

Hal yang terpenting dilakukan untuk pencegahan harus mempunyai konsep yang jelas disampaikan ke Pemerintah Pusat. Konsep utama yang harus dilakukan Pemprov Riau yakni dengan memberikan imunisasi kepada masyarakat agar mereka kebal terhadap virus H5N1 tersebut. “Saya juga berharap permasalahan ini bisa diatasi secepat mungkin,” tandasnya. (Dd)

 

Posting Terkait