Fornas Otsus Riau Gagal Jaring Dana Lewat APBD Riau 2007

257 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski sebelumnya sempat optimis bakal mendapatkan dana dari APBD Riau 2007, ternyata Fornas Otsus terpaksa harus gigit jari. Sebab Depdagri telah mencoret dana untuk kegiatan Fornas Otsus Riau yang nilainya mencapai Rp10.5 milyar itu.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun RiauInfo diketahui dicoretkan dana untuk Fornas Otsus Riau dari APBD Riau 2007 tersebut karena Depdagri melihat tidak adanya payung hukum untuk membiayai kegiatan Fornas Otsus tersebut dengan dana APBD Riau.

Sebelumnya memang sudah dapat diramalkan bahwa Depdagri bakal keberatan bila adanya dana dari APBD Riau dikucurkan untuk kegiatan memperjuangan otonomi khusus bagi Riau. Sebab sangat mustahil pemerintah pusat akan mendukung perjuangan tersebut.

Hal itu tergambar saat verifikasi APBD Riau 2007 di Depdagri pekan lalu, dimana pihak Depdagri sempat mempertanyakan alokasi dana untuk Fornas Otsus Riau itu. Waktu itu Setdaprov Riau HR Mambang Mit memang telah menjelaskannya secara panjang lebar.

“Saya sudah menjelaskan alokasi dana untuk Otsus Riau itu merupakan aspirasi yang datangnya dari masyarakat Riau,” ungkapnya saat itu. Dana itu nantinya akan digunakan untuk biaya seminar-seminar, diskusi dan dialog berkaitan dengan perjuangan Riau untuk mendapatkan Otsus.

Dicoretnya dana untuk perjuangan Otsus ini dipastikan akan menimbulkan reaksi keras dari para tokoh yang tergabung dalam kepengurusan Fornas Otsus Riau tersebut. Sebab mereka sudah menyusun program kerja yang biayanya berasal dari APBD tersebut.(Ad)

 

Posting Terkait