Forum Gabungan SKPD Wahana Sangat Tepat

508 views

BANGKINANG (RiauInfo) – Pelaksanaan forum gabungan SKPD Kabupaten Kampar tahun 2012 bidang pemerintahan dan sosial kemasyarakatan yang digelar di aula pertemuan Kantor Bupati Kampar di Bangkinang, Kamis (03/03/2011). Forum tersebut merupakan suatu wahana yang penting dan tepat dalam rangka merumuskan kebijakan dan langkah-langkah strategis yang dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat sebagai pelaku pembangunan.

Pernyataan ini dipaparkan oleh Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar H Basrun selaku penanggung jawab pelaksana Forum gabungan SKPD bidang pemerintahan dan sosial masyarakat ketika ditemui usai memimpin diskusi yang dilakukan.

” Pelaksanaan diskusi yang berlangsung sangat alot bertujuan untuk mencapai kata mufakat untuk melaksanakan program dan kegiatan prioritas pada setiap SKPD dilingkungan Pemkab Kampar. Masing-masing SKPD harus mampu menyusun perencanaan pembangunan yang berpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan, aspek keterpaduan program antar SKPD dan aspek keterpaduan antar wilayah,” papar Basrun.

Diterangkan Basrun, program hendaknya didasari kebutuhan riil masyarakat, dapat diterima dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat serta kegiatannya dapat meningkatkan derajat kehidupan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut idealnya masing-masing SKPD harus telah memiliki Renja dinas teknis provinsi dan Renja Kementerian, Lembaga, Departemen untuk mendapatkan informasi tentang anggaran APBD Provinsi dan APBN yang bakal dikucurkan pada tahun 2012.

” Hasil pelaksanaan forum gabungan SKPD ini erat kaitannya dengan RAPBD Kampar tahun 2012, karena forum gabungan SKPD merupakan salah satu tahapan dan proses penyusunan perencanaan pembangunan, yang berawal dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan atau tepatnya sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah,” terang Kadis Sosial Dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar.

Turut hadir sebagai pembicara pada acara tersebut diantaranya Kepala Bappeda Kabupaten Kampar H Nurahmi, beberapa orang anggota DPRD Kampar, Kepala Badan, Dinas, Kantor dijajaran Pemkab Kampar, Kepala Bagian dilingkungan Setdakab Kampar, Camat se-Kabupaten Kampar. (arief)

Posting Terkait