Forum Koalisi Perjuangan Bakal Mampu Jadi Penentu “Riau 1” Mendatang

191 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Munculnya Forum Koalisi Perjuangan yang dideklarasikan tiga partai beberapa hari lalu, dinilai oleh para pengamat politik di Riau bakal mampu menjadi penentu siapa gubernur Riau periode mendatang. 

Soalnya Forum Koalisi Perjaungan yang terdiri dati Partai Keadilan Sejahtera (PKD), Partai Bintang Reforasi (PBR) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) punya kekuatan politik yang cukup signifikan.

Salah seorang Pengamat Politik Riau, Drs Andi Yusran dalam keterangannya di Pekanbaru mengatakan, kekuatan Forum Koalisi Perjaungan itu akan semakin kuat jika ada partai lainnya ikut bergabung.

“Bisa saja Partai Amanat Nasional (PAN) atau PDI-P yang punya kursi cukup besar di DPRD Riau ikut bergabung,” ujarnya. Namun dari dua fraksi itu, Andi melihat hanya Fraksi PAN yang punya kemungkinan
untuk bergabung.

Kalau ini sempat terjadi, maka menurut dia, koalisi ini tidak hanya kuat pada persoalan APBD Riau 2007 yang mereka persoalkan saja, tapi juga mereka bisa menentukan persoalan rolling pimpinan komisi, pimpinan DPRD Riau dan kemudian akan menjalar ke persoalan pemilihan gubernur.

Kondisi ini, menurut dia, tentu saja akan mengancam Rusli Zainal untuk meraih posisi gubernur Riau periode mendatang. “Apalagi jika Rusli Zainal hanya semata-mata bertumpu pada Partai Golkar saja,” ujarnya.

Andi mengatakan, kekuatan-kekuatan yang terbangun di DPRD Riau saat ini baru merupakan proses pemanasan menuju koalisi yang sempurna dalam konteks Pilgubri 2008 mendatang.(Ad)

 

Posting Terkait