GELAR PERTEMUAN… RO-RO Dumai-Melaka Mengarah ke MoU

388 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Riau melakukan pertemuan dengan delegasi Kerajaan Melaka, Negara Malaysia. Pertemuan yang dilakukan di kantor BAPPEDA Riau itu membahs kerjasama percepatan operasional Roll On-Roll Off (RO-RO) yang akan menghubungkan transportasi laut Dumai-Melaka.

Pertemuan yang melanjutkan hasil beberapa pertemuan IMT-GT sebelumnya itu akan menitik beratkan kerjasama Riau, Dumau-Indonesia dengan Melaka, Malaysia untuk operasional RO RO Dumai-Melaka ke arah kesepakatan kerjasama melalui MoU. Pertemuan tersebut juga menghadirkan utusan Departemen Perhubungan RI, Walikota Dumai, Polda Riau serta sejumlah pejabat Riau lainnya seperti Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Wan Syamsir Yus.

“Pertemuan ini diharap akan menuai persamaan persepsi ke dua belah pihak terkait dengan regulasi, kesiapan fisik dan semua faktor [pendukung untuk lancarnya Ro-Ro Dumai-Melaka ini nantinya. Untuk itu kita perlu menyatukan kesepakatan terhadap izin legalitas pelabuhan, sistim informasi hingga ke juklak untuk Ro-Ro Dumai-Melaka ini,”ungkap Kepala BAPPEDA Riau Emrizal Pakis memberi sambutan dalam pertemuan tersebut, Senin (4/05/2009) di Pekanbaru.

Sementara, delegasi Kerajaan Melaka Datuk Zainal memaparkan, jumlah wisatawan Indonesia ke Malaysia yang melewati Melaka mencapai 7 juta orang pada 2008 silam. Prospek ini tentunya sebuah lowongan untuk mewujudkan RO-RO Dumai-Melaka. Sehingga Datuk Zainal menegaskan optimis akan juga segera melakukan percepatan RO-RO Dumai-Melaka tersebut.

“Dari paparan persiapan pelabuhan Dumai dan Melaka sudah terlihat kesiapan ke dua belah pihak untuk operasional RO-RO itu. Namun masih ada yang perlu dicermati lagi untuk kelancaran operasional RO-RO ini. Sehingga operasionalnya akan berjalan dengan baik dengan sedikit resiko ke dua belah pihak nantinya,”ungkap Datuk Zainal.(Surya)

Posting Terkait