Gelombang di Kedua Sisi Pesisir Sumatera Jauh Berbeda

163 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketinggian gelombang yang mengguncang perairan pesisir Barat pulau Sumatera dibanding pesisir Timur-nya sangat berseberangan. Pesisir Barat Sumatera seputar perairan kepulauan Nias, Sumut, kepulauan Mentawai Sumbar hingga perairan provinsi Lampung, ketinggian gelombang rata-rata 2-3 meter. Sedang pesisir Timur Sumatera yang termasuk pesisir laut provinsi Riau gelombang hanya mencapai 0.50 meter saja.

Sedang pesisir Timur Sumatera yang termasuk pesisir laut provinsi Riau gelombang hanya mencapai 0.50 meter saja.Angin kencang dari Selatan akibat tekanan rendah di bahagian laut Australia menjadi penyebab ketinggian gelombang di pesisir Barat Sumatera ini relatif menjadi ancaman bagi pelayaran.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Selasa (6/05), angin yang mejadi penyebab ketinggian gelombang mencapai 2 meter ini berkekuatan 25 hingga 30 knot atau setara dengan 50 hingga 60 km/jam.

BMG mengatakan, ketinggian gelombang di pesisir Barat Sumatera ini memang rata-ratanya 2 meter muntersebut telah menjadi hal yang biasa dan wajar. Namun beberap waktu lalu memang terjadi gangguan badai tropis di Samudera Hindia yang mengkibatkan gelombang di sepanjang perairan dari kepulauan Nias hingga Lampung tersebut sempat mencapai 4-5 meter.

Sedang untuk perairan Riau dan di Kepulauan Riau, BMG mendapatkan ketinggian gelombang relatif sangat aman dengan ketinggian 0.50-0.75 meterang baik bagi kapal nelayan maupun kapal besar lainnya.(Surya)

Posting Terkait