Gelombang di Perairan Batam dan Natuna Meninggi

519 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombong tinggi yang rawan untuk kapal di sebahagain perairan Riau Kepulauan membuat Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru memperingatkan pelayaran tidak melaut atau tidak melewati dareh paraiaran tersebut.

Dari data yang diperoleh BMG Pekanbaru melaporkan, gelombang tinggi yang akan mengakibatkan kapal akan sangat rawan tenggelam terjadi di sekitar perairan Batam, Natuna. Tarempa ketinggian gelombang tersebut antara 1,5-2,5 meter. Sedang yang sangat rawan swkali adalah gelombang di perairan Samudera Hindia yang mencapai 3 meter.

“Gelombang setinggi 1,5 meter saja sudah tidak akan nyaman bagi kapal atau perahu kecil yang biasa digunakan nelayan. Apalagi keadaannya lebih dari ketinggian tersebut. Maka kapal besar pun akan sangat rawan ditenggelamkan oleh gelombang setinggi 3 meter tersebut,” terang kepala analisa BMG Pekanabru, Yohanes Drajad Bintoro ketika dihubungi RiauInfo, Sabtu (29/12) di Pekanbaru.

Menurut Yohanes, kejadian kapal tenggelam yang akhir-akhir ini rawan terjadi di Riau akibat para pelayar tidak mengindahkan atau tidak mengetahui informasi yang disampaikan oleh pihak terkait seperti BMG. Yahanes berharap, informasi ini mesti menjadi peringatan bagi kapal atau nelayan agar waspada atau tidak melaut hingga cuaca membaik.(Surya)

 

Posting Terkait