Gelombang Meninggi di Pesisir Riau dan Kepri

301 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang tinggi masih bertahan di sejumlah perairan provinsi Riau dan Kepulauan Riau, Kamis (1/01/2009) ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan ketinggian maksimum gelombang mencapai 1,5 meter di sejumlah perairan pesisir Riau dan 2,5 meter di Kepulauan Riau hari ini. 

Sebagian wilayah pesisir kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, Dumai, Selat Panjang hingga ke pesisir Inderagiri Hilir mengalami gelombang tersebut hari ini. Sementara itu, perairan Selat Melaka yang berhubungan lansung dengan perairan Riau juga mengalami gelombang tinggi.

BMG membaca ketinggian gelombang antara 0,5 hingga 1,25 di perairan negara tetangga tersebut. Sedangkan ketinggian terendah gelombang perairan pesisir Riau mencapai 0,75 meter hari ini. Mengarah ke wilayah perairan provinsi Kepulauan Riau, gelombang mencapai 1 hingga 2 meter di wilayah peraiaran Tanjung Pinang dan Batam

Ketinggian gelombang meningkat mencapai 1,5 hingga 2,5 meter di wilayah perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, Tarempa dan sekitarnya. BMG mendapatkan pengaruh tekanan rendah masih menjadi penyebab utama gelombang itu tinggi hari ini.(Surya)

Posting Terkait