Gelombang Pesisir Barat Sumatera Mulai Mereda

140 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketinggian gelombang di sepanjang pesisir barat Pulau Sumatera mulai mereda. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan ketinggian gelombang hanya mencapai 0,75 hingga 1,5 meter di sepanjang peraiaran pesisir barat Pulau Sumatera hari ini. BMG menyatakan gelombang tersebut termasuk aman bagi pelayaran. 

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, gelombang maksimum mencapai 1,5 meter itu tergolong aman bagi pelayaran di wilayah pesisir Barat Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan lautan lepas. Pesisir Barat Pulau Sumatera yang aman dari gelombang itu meliputi perairan provinsi Aceh hingga pesisir provinsi Lampung.

“Gelombang setinggi 1,5 meter tergolong aman untuk wilayah Pesisir Barat Sumatera yang langsung berhadapan dengan laut lepas Samudera Hindia tersebut. Jika gelombang itu terjadi di perairan lain seperti wilayah Selat Melaka dan perairan Riau lainnya, maka akan menjadi ancaman bagi pelayaran,”terang Slamet Riyadi menjawab RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait