Gelombang Tinggi Masih Mengamuk di Kepri

290 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan ketinggian gelombang masih tinggi di sejumlah perairan wilayah provinsi Kepulauan Riau, Minggu (7/12) ini. Peringatan itu menyusul ketinggian gelombang maksimum masih lebih dari 3 meter di wilayah Utara perairan Kepulauan Riau (Kepri) hari ini. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, gelombang meninggi lebih dari 3 meter itu terjadi di sekitar perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, dan sekitarnya. BMG mendapatkan selain tekanan rendah laut China Selatan yang berhubungan langsung dengan perairan Kepri tersebut, pengaruh angin barat rawan hujan juga menjadi penyebab utama gelombang tinggi hari ini.

BMG Pekanbaru juga membaca gerakan gelombang meninggi di wilayah perairan Batam, Selat Singapura mencapai 1 hingga 2 meter. Namun gelombang relatif mengecil hanya berkisar 0.75 hingga 1 meter di perairan Riau hari ini.

“Gelombang relatif aman di perairan Riau seperti Bengkalis, Rohil dan Dumai. Namun gelombang di sekitar Pulau Tujuh Natuna Kepulauan Riau melebihi 3 meter itu sudah membahayakan bagi pelayaran,”terang staf analisa BMG Ardhitama menjawab RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait