GEMA CITRA NUSANTARA: Raih Gelar Juara 1 dan 3 Lomba Tari Rapa’i Geleng

464 views

Jakarta (Riauinfo) – Dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia ke 71, Central Park Mall, Jakarta, mengadakan serangkaian kegiatan “Extraordinary Indonesia the 71st Annual Independence Day”” yang salah satu kegiatannya adalah meningkatkan pelestarian seni dan budaya melalui program “Jakarta Dance Project”.  
Salah satu acara yang mendapat sambutan masyarakat luas dalam kegiatan tersebut adalah lomba Tari Rapa’i Geleng asal Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian tersebut dewasa ini mendapat perhatian luas karena penampilannya yang sangat unik sehingga disukai warga pecinta seni dari berbagai kota di tanah air. Terbukti, ketika lomba tari Rapa’i Geleng digelar, Minggu, pesertanya berlimpah tidak saja dari seputar Jakarta, tetapi juga dari sanggar seni lainnya yang datang dari berbagai kota. 

Jenis tarian Rapa’i Geleng yang dipilih panitIa dalam lomba ini tidak saja Tari Ratoh Jaroe (orang mengenalnya dengan sebutan tari Saman), tapi juga beberapa nomor tari lainnya yang sudah dikenal luas masyarakat Aceh. 

“Melalui pementasan beberapa tarian etnik asal Aceh dalam lomba ini kami ingin memasyarakatkan nomor nomor tari dari Aceh agar bisa dikenal meluas masyarakat Indonesia, khususnya oleh anak anak muda. Sengaja momentum Hari Kemerdekaan ini kami pentaskan lomba itu agar kalangan muda bersemangat memainkan tari tari khas Aceh.” Ujar Marzuki Hasan, dari pihak panitia yang juga dikenal pakar tarian Aceh..

Setelah diseleksi secara ketat, Marzuki Hasan menyebutkan, Gema Citra Nusantara pimpinan Mira Arismunandar yang sudah sering menjadi duta seni budaya Indonesia di sejumlah negara, terpilih sebagai pemenangnya. Tidak tanggung tanggung, dua kelompok tari yang mewakili Gema Citra Nusantara berhasil memboyong gelar juara I dan III. 

Dua tim tari Gema Citra Nusantara yang berjaya di lomba tari Rapa’i Geleng kali ini, menurut Mira Arismunandar adalah tim senior dan tim junior. “Tentu saja saya senang, karena kemenangan ini menambah prestasi para prnsari Gema Citra Nusantara,” ujar Mira.

Pihak panitia yang diwakili Marzuki Hasan menilai lomba tari etnik Aceh ini perlu dilaksanakan secara teratur setiap tahun, khususnya dalam eanfka menyemarakkan Hari Kemerdekaan. Marzuki Hasan juga memuji seluruh peserta lomba yang dinilainya telah memperlihatkan kualitas tari yang baik. “Juri telah menetapkan tim tari senior dan junior dari Geme Citra Nusantara sebagai pemenang karena unggul dalam pengalaman manggung di berbagai tempat.” Ujar Marzuki Hasan.  (Herman Ami).

Posting Terkait