GOP-TKI Bengkalis Gelar Lomba Kreativitas Bagi Guru TK

556 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Barang atau bahan bekas maupun benda-benda lainnya yang ada di sekeliling seperti botol air mineral, daun pisang kering, sabut kelapa, karton, bungkus rokok bekas dan sebagainya, apabila diolah dengan baik, ternyata dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan sangat bermanfaat.

Dalam kegiatan yang bertajuk “Lomba Daur Ulang Bahan Bekas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kabupaten Bengkalis” yang dilaksanakan di Gedung Daerah Laksamana Raja Dilaut Bengkalis, Kamis (17/4), hal itulah yang ditunjukan sekitar 56 guru TK di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Melalui tangan-tangan trampil dan cekatan, para guru yang terbagi dalam 28 kelompok itu, hanya dalam waktu 3 jam berhasil ‘menyulap’ bahan ‘sampah’itu menjadi berbagai bentuk alat permainan edukatif (APE) yang dapat dimanfatkan untuk meningkat daya imajinasi dan kreativitas murid TK.

Dari botol air mineral misalnya, sejumlah peserta membuatnya menjadi berbagai jenis mobil-mobilan, pesawat terbang dan boneka. Sementara sabut kelapa, beberapa orang peserta dijadikan berbagai bentuk perahu layar. Sedangkan dari kotak bekas, seperti kotak pasta gigi dan susu formula, berbagai jenis robot dengan bentuk yang menarik, dapat mereka diciptakan.

Ditemui di sela-sela kegiatan lomba, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gabung Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (DPC GOP-TKI) Kabupaten Bengkalis, Ny Hj Darmiwati Sulaiman, mengatakan kegiatan lomba tersebut ditaja dalam rangka memeriahkan peringatan HUT GOP-TKI ke-51 di kabupaten yang terdiri dari 13 kecamatan dan 175 desa/kelurahan ini.

Ditambahkan isteri Sekretaris Daerah Bengkalis ini, lomba ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan profesionalisme para guru TK yang ada di daerah ini.

“Khususnya dalam mendaur ulang dan memanfaatkan bahan bekas maupun yang ada di sekitar lingkungan yang oleh sebagian orang tidak berguna dan dianggap hanya sebagai sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam proses pembelajaran. Terutama untuk peserta didik di TK,” terang Darmiwati didampingi Wakil Ketua GOP-TKI Kabupaten Bengkalis, Ny Hj Yen Burhanuddin dan Wakil Ketua BKMT Kabupaten Bengkalis, Ny Hj Rasmah Khairuddin.

Selain lomba tersebut, dalam rangka memeriahkan HUT GOP-TKI ke-51, kata Darmiwati mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan sosialisasi pengunaan metode Iqra’ bagi guru TK di daerah ini. “Sosialisasi ini dilakukan bekerjasama dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT),” imbuhnya.

Sembari mengajak para guru TK di daerah ini untuk terus meningkatkan profesionalisme terhadap tugas dan tanggungjawab, Darmiwati juga mengharapkan para orang tua di daerah ini untuk benar-benar memperhatikan pendidikan anak sejak dini, misalnya dengan memasukan anak tersebut ke TK. Demikian pula penanaman nilai-nilai moral dan agama.

“Kesemua itu penting dan sangat mempengaruhi tumbuhkembang, sikap dan prilaku anak pada tahap selanjutnya. Bahkan sampai dewasa,” terangnya seraya mengatakan bahwa usia dini, khususnya di bawah lima tahun (Balita), merupakan kurun waktu yang sangat menentukan bagi pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak.

Masih kata Darmiwati, usia Balita adalah masa yang sangat penting bagi pengembangan intelegensi permanen seorang anak. “Setiap orang tua dapat menjadikan anaknya seseorang yang cerdas dan kreatif. Semua orang tua dapat melakukannya, jika para orang tua mau mengutamakan kebutuhan dan kepentingan sang anak. Khususnya pada usia Balita itu,” pesan Darmiwati yang juga Ketua BKMT Kabupaten Bengkalis.

Mengenai permainan anak, Darmiwati mengungkapkan, para orang tua dapat membuatnya sendiri. Bahkan, mainan yang dibuat itu, apalagi dikerjakan bersama anak, sangat bermanfaat bagi pengembangan daya kreativitas mereka dan lebih mendekatkan rasakasih sayang antara orang tua dan anak. “Sayangnya, orang tua sekarang lebih cendrung membeli mainan untuk anaknya,” sesalnya.

Keluar sebagai pemenang lomba I, II dan yang dimulai pukul 09.00 Wib dan diikuti seorang guru TK pria itu adalah TK Aisyiyah Kecamtan Mandau (nomor peserta 25), TK Pembina Kec. Bengkalis (02) dan TK Aisyiyah Kec. Mandau ( 26 ). Sedangkan juara Harapan I, II dan III yaitu TK Mutiara Kec. Pinggir (24), TK Trisula Kec. Bengkalis (03) dan TK Aisyiyah Kec. Bengkalis (05).

Namun, para pemenang belum dapat menerima hadiah dari panitia pelaksana. “Hadiah diserahkan saat acara puncak HUT GOP-TKI tingkat Kabupaten Bengkalis ke-51 pada 12 Mei mendatang,” terang Darmiwati yang bersama pengurus GOP-TKI dan panitia penyelenggara dengan setia mendamping peserta hingga lomba berakhir tepat pukul 12.00 Wib.(ad)

 

Posting Terkait