Gubri Canangkan GISMM ISO 9001:2000

472 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubernur Riau HM Rusli Zainal resmi mencanangkan Gerakan Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 (GISMM) dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau di Ruang Melati Lantai III Kantor Gubernur Riau, Senin (14/5). 

GISMM ini dapat diharapkan memberikan perubahan dalam rangka peningkatan kinerja aparatur dilingkungan Pemprov Riau. Sehingga ini dapat diandalkan sebagai motor birokrasi yang membawa Provinsi Riau sebagai negeri yang gemilang di masa depan.

“Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2000, sangat diperlukan dalam rangka upaya kita menuju tercapainya Visi Riau 2020 yakni Terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejaterah lahir dan bathin di Asia Tenggara,” Ujar Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada wartawan, Senin (14/5) kemarin.

Menurutnya, Konsep sederhana ini, namun telah teruji dan diakui kebenarannya, dapat dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan kinerja manajemen birokrasi pelayanan publik di jajaran pemerintah.

Dalam rangka memperbaiki kembali citra pemerintah di mata masyarakat, karena dengan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, kepuasaan dan kepercayaan masyarakat (pelangan) akan bisa dibangtun kembali. Sehingga pemerintah semakin memperoleh legetimasi dimata publik.

Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik pada satuan unit kerja dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, maka unit kerja tersebut harus memiliki suatu ukuran atau standar tentang pelayananan yang diberikan.

“Standar itu kita kenal dengan nama Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2000, yaitu merupakan standar sistem menajemen yang dikeluarkan oleh lembaga International Organization of Standarization,” katanya.

Oleh karena itu, peranan para pimpinan masing-masing unit kerja dilingkungan jajaran Pemprov Riau, sangat besar artinya terhadap keberhasilan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2000 ini.

“Saya minta mulai dari sekretaris daerah, para asisten, kepala badan/dinas/kantor dapat menjadi model dalam bentuk sikap dan prilaku. Sehingga hal ini benar-benar dapat kita wujudkan. Jadikan ini sebagai menjadi semangat yang kuat dalam penyelengaraan segala
administrasi dan birokrasi dalam jajaran Pemprov Riau,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Program MM-UI, Rhenald Kasali, Ph.D mengatakan sistem yang ditawarkan GISMM ISO 9001:2000 sangat diperlukan diruang lingkup Pemprov Riau.

“Jika sistem ini dilaksanakan dengan baik, maka akan terjadi perubahan nyata dalam pola pelayanan birokrasi. Sistem ini telah kami terapkan di 161 negara di dunia.

Saat ini baru dua daerah yang telah menjalankan sistem ini yakni Jawa Barat dan Jawa Timur. Kita berharap Pemprov Riau dapat melakukan sistem yang telah kita terapkan ini,” tandasnya. (Dowi)

 

Posting Terkait