Gubri Kembali Keluhkan Perhatian Legislator Riau

330 views
JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau HM Rusli Zainal kembali mengungkapkan keluhan atas minimnya kehadiran anggota DPD/DPR RI dalam acara berbuka bersama dengan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) di anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ahad (21/8) malam. Padahal kehadiran para legislator Riau itu amat diperlukan untuk saling tukar menukar informasi/data dan menyerap aspirasi masyarakat dari Jakarta dan Riau.

Keluhan Gubri itu dilontarkan setelah provinsi Riau kembali memperoleh dalam pembahasan pagu indikatif RAPBN 2011 di Kementerian Pekerjaan Umum diusulkan Rp 56,5 trilyun, dari jumlah itu Riau hanya diusulkan Rp 800 milyar. Karenanya Gubri memohon kontribusi wakil rakyat dari Riau itu agar membantu Riau memperoleh anggaran yang signifikan sesuai kontribusi Riau buat negara Indonesia.

“Saya harap DPR bisa hadir. Sebagai wakil rakyat, banyak yang harus dimengerti aspirasi dari Jakarta dan Riau. Sebagai Gubernur, kami minim data, ada tapi sedikit. Karena itu, kami ingin betul memperoleh perhatian (legislator Riau-red), “ ujar Gubri saat memberikan sambutan sesuai berbuka puasa dan tarawih di anjungan Riau, TMII, Jakarta Timur.

Keluhan Gubri itu disampaikan setelah dalam acara buka puasa bersama itu, dari 15 anggota Forum Legislator Riau, hanya terlihat anggota DPD RI Maimanah Umar hingga akhir acara. Arsjadjuliandi “Andy” Rachman dan Adi Sukemi (FPG) yang diawal acara terlihat hadir sebentar dan tidak mengikuti hingga usai acara.

Sementara dari pihak Pemda Riau, terlihat pula Wagub Mambang Mit, Ketua DPRD Riau Djohar Firdaus, H. Masnur dan para Kadis kabinet Rusli Zainal. Tampak pula Kapolda Riau Brigjen Suedi Husein, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, Bupati Inhu Yopie Arianto, Walikota Dumai Khairul Anwar, Danlanud Pekanbaru, Ketua PMRJ Lukman Edy dan lainnya.

Sebelumnya dalam pertemuan berkala Pemda Riau beserta jajaran SKPD-nya dan DPRD dengan DPR RI/DPD Riau di Hotel Peninsula, Jakarta, Rabu (21/7) malam, yang bertujuan untuk menciptakan sinergi antara Pemda dengan Forum Legislator Riau, hanya dihadiri oleh lima anggota, yakni Arsjadjuliandi “Andi” Rahman (Fraksi Partai Golkar), Sutan Sukarnotomo (Fraksi Partai Demokrat) dan tiga anggota DPD RI Muhammad Gazali, Abdul Gaffar Usman dan Maimanah Umar.

Gubri mengatakan dalam rapat apapun di Jakarta, presiden Susilo Bambang Yudhoyono selalu secara vulgar berharap provinsi Riau maju. Sebabnya majunya sebuah provinsi merupakan kemajuan sebuah negara. Namun kemajuan itu mesti ditunjang oleh kemajuan infrastruktur di setiap provinsi. “Tanpa infrastruktur yang memadai di daerah, mimpi, “ ujar Gubri seraya mengatakan akan mengajak empat menteri terkait untuk melihat kondisi faktual infrastruktur di Riau.

Gubri menyambut positif jika DPD/DPR RI dari Riau bisa menyambung aspirasi untuk diperjuangkan di tingkat pusat terkait infrastruktur tersebut. Gubri juga meminta agar legislator Riau kompak dan bersatu-padu memperjuangkan permasalahan infrastruktur Riau untuk dibawa ke Departemen-Departemen.

“Tolong dibawa ke Departemen supaya tahu ini perjuangan bersama. Kalau tidak, Gubernur tidak mampu dan tak optimal perjuangan kita. Tolong undang Pak Wan dan kawan-kawan ya, bu Maimanah, untuk membantu meningkatkan anggaran bagi Riau, “ ujar Gubri.(ad/rls)

 

Posting Terkait