Gubri Promosikan Riau ke Negara-Negara Sahabat

554 views

 

Gubri Promosikan Riau ke Negara-Negara Sahabat

Gubri Promosikan Riau ke Negara-Negara Sahabat

JAKARTA (RiauInfo) – Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP mendapat kehormatan mempromosikan Riau kepada negara-negara sahabat pada acara pertemuan anggota DPD RI, gubernur se-Indonesia serta duta besar negara-negara sahabat di Gedung Nusantara IV DPD RI, Jumat (12/3) malam.

Hanya dua gubernur pada kesempatan itu yang diberi kehormatan menyampaikan pidato resmi tentang potensi dan peluang investasi di daerah masing-masing. Selain Gubri, juga ada Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju. Keduanya memaparkan berbagai potensi investasi termasuk berbagai kemudahan yang diberikan kepada para investor yang ingin menanamkan modalnya.

Dalam pidatonya, Gubri Rusli mengatakan bahwa Riau saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan berkembang menjadi salah satu kawasan ekonomi baru di Indonesia yang sangat prospektif untuk berbagai investasi.

‘’Dalam tahun 2009 lalu, Riau mengalami pertumbuhan di atas 8 persen dari PDRB di luar Migas, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Sebagai akibat dari pertumbuhan ekonomi serta berkembangnya sektor dunia usaha atau bisnis, beberapa kota dan daerah di Provinsi Riau telah berkembang menjadi sentra industri, perdagangan, jasa serta berbagai kegiatan investasi,’’ terang Gubri.

Gubri menerangkan hal itu di hadapan para duta besar negara-negara sahabat seperti, Amerika Serikat, Cina, Jepang, Arab Saudi, Australia, Swiss dan negara sahabat lainnya serta anggota DPD RI dan para gubernur se-Indonesia.

Gubri juga menguatkan dengan laporan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, dimana Riau hampir selalu berada pada posisi teratas sebagai daerah tujuan investasi, baik untuk PMA maupun PMDM.

“Sesuai dengan laporan dari BKPM, dalam beberapa tahun terakhir, Riau selau berapa pada urutan teratas untuk tujuan investasi baik PMA (Penanaman Modal Asing) maupun PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri),” sebut Gubri seraya menambahkan bahwa di Riau sudah sejak lama dibentuk Sistem Pelayanan Satu Atap termasuk Complaint Board atau suatu badan yang menjadi tempat pengaduan atau komplain bagi para investor yang merasa dirugikan.

Baru-baru ini, ungkap Gubri, Riau juga ditetapkan oleh BKPM sebagai salah satu provinsi yang masuk kategori Regional Champions atau daerah yang dianggap paling siap untuk investasi di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Gubri antara lain didampingi Kepala BPI Riau Faisal Qamar Karim, Kepala Bappeda Emrizal Pakis, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Tarmizi Natar Nasution dan Karo Umum Surya Maulana.(ad/rls)

Posting Terkait