Gubri: RPJM Provinsi, Kab/Kota dan Nasional Harus Sinergi

146 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gubri, HM Rusli Zainal berharap provinsi, kabupaten/kota dan nasional harus bersinergi untuk mendukung dan meningkatkan pembangunan di berbagai sektor, baik infrastruktur, investasi, ekspor maupun sektor lainya. Hal itu dikatakannya usai Musrembangnas di Jakarta, kemaren.

Musrembangnas dibuka Presiden Susilo Bambang Yudoyono itu dihadiri seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia beserta jajarannya. Dari Riau tanpak hadir Bupati Siak Syamsuar, Bupati Bengkalis, Walikota Pekanbaru.

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi, kabupaten/kota harus terintekrgritas dan sinergi agar pembangunan dapat berjalan secara efektif, sehingga mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi,” ujar Gubri usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2012 di Menara Bidakara, Jakarta.

Dilanjutkan Gubri, Gubri, jika infrastruktur, investasi serta ekspor meningkat di samping penerimaan negara meningkat juga terciptanya lapangan pekerjaan yang tentu saja berdampak menekan angka penganguran dan kemiskinan.

“Kita harapkan pemerintah terus dapat menambah anggaran-anggaran pembangunan terutama sekali membuka isolasi di pedesaan maupun di perkotaan dengan membangun berbagai infrastrutur, hal ini akan berdampak bagi peningkatan ekonomi rakyat,” jelas Gubri.

Harapan Gubri juga dengan semangat otonomi daerah pemerintah pusat terus memperbesar anggaran ke daerah yang kini baru berkisar sekitar 30 persen dari 1.500 triliun, sisanya masih berada di Kementerian dan Lembaga di pusat. “Kita tahu bahwa kemiskinan di indonesia itu berada di daerah,” tegasnya.(zas)

Posting Terkait