Guru Agama Suku Terasing Masih Minim

516 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Suku terasing pemeluk Islam yang umumnya berada di daerah terisolir atau desa pedalaman Riau masih membutuhkan beberapa guru agama untuk mendapatkan pengajaran pengetahuan tentang agama Islam.


Badan Amil Zakat (BAZ) Riau dengan programnya telah mengangkat beberapa guru agama untuk hal tersebut. Guru Agama Suku Terasing Saat (GAST) ini direkrut oleh BAZ Riau melalui cabang BAZ Riau ditiap daerah yang bersangkutan.

“Setiap cabang BAZ Riau di daerah diminta mengajukan nama calon GAST tersebut ke sekretariat BAZ Riau tiap tahunnya. Pangajuan tersebut akan ditindaklanjuti oleh BAZ Riau untuk dikeluarkan SK-nya bagi yang akan menjadi GAST di daerahnya,”terang Kepala BAZ Riau H. Auni M. Nur melalui Mahmud dari BAZ Riau kepada RiauInfo, Jumat (26/10) di Pekanbaru.

Menuru t Auni, BAZ Riau menentukan syarat dan kriteria bagi calon tenaga guru GAST tersebut, Seperti harus minimal setara tamatan MAN/SMA dan memiliki ilmu agama untuk kebutuhan masyarakatnya. Seorasng guru GAST juga mesti berasal dari daerah tersebut dan melaporkan kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap bulan di daerahnya itu. Sedang dari BAZ Riau, tenaga GAST ini selalu diberikan honor per bulannya. Saat ini BAZ Riau menganggarkan honor guru GAST tersebut tidak kurang dari satu juta per guru setiap bulannya.

“Keberadaan GAST ini kian berkurang akibat para guru tersebut ada yang tidak melanjutkan permohonannya untuk memperpanjang masa kontrak. Alasannya, karena mereka kebanyakan lulus atau diangkat jadi PNS,” terang Mahmud.

Tahun ini GAST Riau hanya memiliki empat guru GAST yang telah mengajukan perpanjangan kegiatan untuk tahun ajaran tahun mendatang. Sedang daerah yang masih membutuhkan kehadiran GAST tersebut masih banyak di Riau.

Saat ini BAZ Riau mencatat sedikitnya ada beberapa daerah yang masih dihuni oleh suku terasing. Seperti Daerah Suku Akit di Desa Selat Akar, Kecamatan Merbau Kabupaten Benkalis, Suku Bonai di Desa Teluk Sano, Rohul, Suku Nelayan atau Suku Laut di Desa Concong Kabupatin Inhil dan di Desa Sibuak Kecamatan Tapung kabupaten Kampar dan suku Talang Mamak di kecamatan Siberida kabupaten Inhu.(Surya)



Posting Terkait