Guru Besar Pertama di Riau Jurusan Teknik Sipil

807 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Universitas Islam Riau (UIR) menjadi satu-satunya Universitas di Riau yang memiliki Proffesor dibidang Teknik Sipil, ini setelah pada Sabtu (7/11) pekan lalu, Rektor UIR Prof Dr H Detri Karya SE MM mengukuhkan Prof Dr Ir H Sugeng Wiyono MMT sebagai guru besar tetap pada pakultas Teknik UIR bidang ilmu Teknik Sipil.

Dalam sambutanya, Rektor UIR Detri Karya menyebutkan keberhasilan UIR menempatkan atau memiliki guru besar pertama dibidang Teknik Sipil ini di Riau patut menjadi kebanggaan seluruh civitas akademikia UIR. “Hari ini kita menyaksikan pengukuhan guru besar tetap UIR.

Berbagai harapan tertopang pada saudara, apalagi saudara merupakan satu-satunya guru besar teknik di Fakultas Teknik UIR. bahkan saudara merupakan satu-satunya proffesor di Riau dari jurusan Teknik Sipil,” pesan Detri karya.

Penataan perguruan tinggi dengan paradigma baru menurut Detri Karya akan menciptakan sistem yang lebih dinamis, cerdas, bijaksana dan efisisen. Penataan sistem ini diharapkan akan menghasilkan mutu proses output yang lebih baik. “Oleh karenanya peningkatan kualitas pendidikan tinggi merupakan upaya berkelanjutan bagi semua pihak yang terkait dan terlibat dalam proses tersebut,” jelasnya.

Karena itulah kepada Sugeng Wiyono yang telah dikukuhkan sebagai guru besar UIR, ia juga berpesan agar dapat menggunakan kewenangan dan kehormatan jabatan tertinggi ini untuk kemaslahatan ummat manusia melalui jalur pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah pengukuhan ini bukan berarti karirnya dalam bidang akademik sampai pada puncaknya dan berhenti sampai disini, tetapi mungkin adalah langkah berikutnya untuk terus berupaya agar ilmu yang dimiliki terus berkembang.

“Guru besar harus secara penuh melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, laksanakanlah aktivitas pendidikan dengan keteladanan, untuk tetap mengembangkan ilmu pengetahuan lakukanlah penelitian dengan penuh kejujuran, disamping itu agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan perguruan tinggi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lakukanlah pengabdian dengan penuh keihklasan,” ungkapnya.(ad)

Posting Terkait