Hadapi Banjir, Harus Dibangun Rumah Panggung dan Rumah Susun

519 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai Siak, Pekanbaru, kerap dilanda banjir. Bahkan hampir setiap tahun mereka selalu sehantui banjir, terutama pada musim penghujan. Selama ini setiap banjir, mereka hanya melakukan pengungsian ke tempat yang aman.

Terkait hal itu, anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni Amreil berpendapat masyarakat yang bermukim di pinggiran sungai Siak itu seharusnya memiliki rumah dalam bentuk panggung. Dengan demikian mereka tidak akan susah lagi setiap terjadi banjir.

“Dengan adanya rumah panggung itu, banjir tidak akan mencapai lantai rumah mereka. Jadi mereka masih bisa tetap hidup tenang walaupun ada banjir mendatangi rumah mereka,” ungkapnya, Selasa (10/12) di Pekanbaru.

Selain dibangun rumah banjir, pemerintah juga diharapkan membangun rumah susun. Mereka diminta untuk tinggal di rumah susun. Tentunya rumah susun itu harus dibangun tidak jauh dari pemukiman mereka sekarang.

Dia menyebutkan, perlu adanya penanganan serius oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemerintah provinsi Riau dan pemerintah kabupaten tetangga dalam menangani banjir ini. Penanganan ini dengan cara adanya koordinasi yang baik ke depannya.

Apalagi masalah banjir ini sudah terjadi sejak dulu dan kerap kali terjadi. Setiap musim penghujan atau setiap terjadi air pasang, ratusan rumah masyarakat di pinggiran sungai Siak terendam air. Hal ini tentunya perlu penanganan secara bersama-sama.(ad)

Posting Terkait