Halmahera Barat Gelar Festival Teluk Jailolo 2016

JAKARTA (Riauinfo) – Mengambil tempat di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementrian Pariwisata, Jakarta, Senin lalu, Pemkab Halmahera Barat, Prov Maluku Utara, menggelar Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2016. Festival yang ke-8 itu rencananya akan dilangsungkan selama sepekan penuh mulai 2 Mei mendatang di Jailolo, ibukota Halmahera Barat.

Peresmian dilakukan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Rekho Astuty dan Bupati Halbar Danny Missy.

“Festival Jailolo ini untuk menumbuhkan dan mengukuhkan kembali identitas kekayaan Halbar sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam dan sumberdaya budi. Inilah yang menjadi daya dorong membangun pariwisata berbasis pelestarian budaya dengan akar sejarah kejayaan Kepulauan Rempah Moluku Kie Raha,” ujar Bupati Halbar.

Melalui festival Jailolo, Bupati juga berharap wisatawan dalam dan luar negeri akan datang ke Halbar. Begitu juga investor ikut tertarik datang dan melihat potensi Halbar baik dalam bidang kepariwisataan, perikanan, perkebunan dan hasil alam lainnya.

Jailolo, kata Bupati, merupakan sisa peninggalan masa jaya dari Kepulauan Rempah. Pala dan cengkeh hingga kini masih menjadi komoditas utama Halbar selain kopra. Selain itu kuliner khas Halbar yang penuh cita rasa rempah rempah, juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Halbar.

Berkait dengan FTJ 2016, beberapa desa wisata di Halbar juga telah menyiapkan paket paket wisata bernuansa petualangan rempah, seperti desa wisata Guaeria, yakni sebuah desa pesisir yang menyuguhkan paket wisata kuliner dengan pemandangan Teluk Jailolo yang indah. Di desa itu juga ada aktivitas wisata laut yang berakar budaya seperti memancing Huhati, sebuah teknik memancing tradisional yang menjadi tradisi lokal dan ramah lingkungan.

Rangkaian acara FTJ 2016 terbagi dalam empat bagian besar yakni ritual budaya, atraksi budaya, gelar seni budaya Moluku Kie Raha dan acara puncak Sasadu On the Sea.

Menurut Esthy Rekho Astuty paket wisata yang ditawarkan dalam kegiatan festival Jailolo 2016 cukup beragam,  salah satu yang menonjol dan disukai wisatawan mancanegara adalah paket wisata selam yang ditawarkan operator profesional di Sabua Gaba atau Gigolo Dive Center. Paket itu manawarkan lokasi selam yang menarik dan dihiasi beragam biota laut khas Halmahera Barat.

Untuk mencapai Jailolo, penerbangan bisa dilakukan dari berbagai kota di tanah air hingga bandara Ternate. Selanjutnya dari Ternate menggunakan speedboat dari pelabuhan Dufa Dufa ke Jailolo membutuhkan waktu penyeberangan sekitar 40 menit. (Herman Ami)

Posting Terkait