HANYA KURANG DARI 1 METER… Riau dan Selat Melaka Aman Dari Gelombang Pasang

297 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah perairan provinsi Riau dan Selat Melaka termasuk aman dari ancaman gelombang pasang Minggu (4/01/2009) ini. Pernyataan itu menysul ketinggian gelombang hanya kurang dari 0,75 meter di sejumlah perairan Riau dan perairan tetangganya Selat Melaka tersebut hari ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan keadaan gelombang mereda karena gangguan cuaca dan angin kencang juga relatif aman di dua perairan yang saling terhubung tersebut. 

Stas analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, angin kencang umumnya menjadi penyebab utama ketinggian gelombang meningkat di sejumlah perairan. Namun angin kencang dan cuaca relatif kondusif di wilayah Selat Melaka dan perairan Riau hari ini.

Biasanya cuaca buruk dan angin kencang sering muncul menyusul musim hujan yang terjadi menjelang akhir tahun hingga bulan ke tiga pada awal tahun barunya. BMG Pekanbaru mendapatkan gejala musim hujan masih akan berlanjut hingga Maret tahun ini.

Namun intensitas cuaca buruk dan angin kencang relatif menurun dibanding awal musim penghujan beberapa bulan terakhir tahun 2008 silam. Sehingga intensitas gelombang juga cenderung menurun di wilayah Riau dibanding awal musim hujan yang mulai tiga bulan sebelum akhir tahun lalu.(Surya)

 

Posting Terkait