Harga Batu Bata Melambung Hampir Dua Kali Lipat

299 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Harga batu bata dalam beberapa hari terakhir ini melambung hampir dua kali lipat. Bila biasanya harga batu bata ukuran sedang dijual dengan harga Rp 150 perbuah, kini sudah melambung menjadi Rp 275 per buah.

Melambungnya harga batu bata ini menyebabkan banyak warga yang sedang melakukan pembangunan rumah mengeluh. Sebagian mereka bahkan ada yang menghentikan sementara kegiatan pembangunan rumahnya sambil menunggu harga batu bata kembali normal.

Ramli (33) warga Simpang Panam yang saat ini sedang membangun rumah di Jalan Pemda, Arengka, mengatakan tingginya harga batu bata sekarang ini menyebabkan dia tidak bisa melanjutkan pembangunan rumahnya. Sebab saat ini dia memang benar-benar sedang membutuhkan batu bata.

Disebutkannya, dua hari yang lalu tukang bangunan yang sedang membangun rumahnya sudah selesai mengerjakan pondasi rumah. Rencananya Senin (14/1) besok akan mulai memasang konsen pintu dan naik batu.

“Tapi karena harga batu bata melambung, saya belum bisa membelinya sekarang. Sebab harganya sudah hampir dua kali lipat dari saya rencananya sebelumnya,” jelas Ramli. Padahal paling kurang dia membutuhkan batu bata sebanyak 80.000 buah.

Makanya, menurut dia, selama harga bata masih tinggi dia menghentikan dulu pembangunan rumahnya. “Sebab kalau saya beli batu bata sekarang, berapa banyak kerugian yang saya alami untuk menomboki harga bata yang melambung itu,” jelasnya lagi.[b](Ad)[/b

Posting Terkait