Harga Kedelai di Pekanbaru Tembus Rp 12.000

292 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para pengusaha tahu dan tempe di Pekanbaru tampaknya akan semakin menjerit saja. Sebab harga kacang kedelai di Pekanbaru terus saja merangkak naik. Bahkan saat ini harganya scara nasional sudah menembus Rp 12 ribu per kilogram, padahal normalnya hanya Rp 4.000/kg.

Meski saat ini harga kacang kedelai di Pekanbaru masih sekitar Rp 8.000 perkilogram, namun tidak mustahil jika dalam beberapa hari mendatang harga Rp 12.000 perkilogram itu akan terjadi juga di kota ini. Dengan harga Rp 8.000 saja membuat banyak pengusaha tahu dan tempe menjerit, apalagi nantinya jika sudah mencapai Rp 12.000.

Kasubdin Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Riau H Hendri Rustam menyebutkan harga kacang kedelai di Pekanbaru memang sudah naik mencapai 100 persen. Jika dulu harganya di pasaran sekitar Rp 4.000 perkilogram, namun sekarang sudah naik menjadi Rp 8.000 perkilogram.

Kenaikan harga kacang kedelai ini menurut dia mengikuti harga pasar dunia. Kebetulan saat ini harga kedelai di pasar dunia mengalami lonjakan, sehingga berdampak pula terhadap harga kedelai di dalam negeri. “Namun meski harganya melonjak, persediaan kedelai di Pekanbaru mencukupi,” jelasnya.

Dia mengaku di Riau tidak ada kasus penimbunan kacang kedelai. Sebab setiap hari pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap persediaan kedelai di pasaran. “Kita terus melakukan pemantauan agar persediaan kedelai di pasaran tidak sampai menipis,” tambah dia lagi.(Ad)

 

Posting Terkait