Harga Kopra Inhil Naik Tajam, Petani Kelapa Mulai Bergairah

224 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam beberapa hari terakhir ini harga kopra di Indragiri Hilir (Inhil mengalami peningkatan cukup tajam. Bila sebelumnya harga kopra Rp215.000 perkwintal, namun kini sudah naik menjadi Rp 240.000 perkwintal.

Kenaikan harga kopra sebesar Rp25.000 perwintal itu disambut gembira oleh para petani di Inhil. Sebab selama ini harga kopra cenderung mengalami penurunan. Namun sekarang harga kopra sudah mulai mendekati harga idealnya.

Para petani kepala di Inhil saat ini telah mulai rajin merasa pohon kelapanya. Hal ini dibuktikan dengan mulai banyaknya warga datang ke perkebunan kelapa. Padahal saat harga kepala turun beberapa waktu lalu, warga enggan mengurus kebun kelapanya.

Ahmad (43) salah seirang petani kelapa di Desa Sei Gantang, Kecamatan Kempas, Inhil, mengaku sangat senang dengan adanya kenaikan harga kopra saat ini. “Itu sebabnya sekjarang kami sudah mulai mengurus kebun kelapa lagi,” jelasnya.

Dia mengatakan saat harga kopra turun beberapa waktu lalu, dirinya beserta para petani kelapa lainnya sudah merasa patah arang dengan kondisi tersebut. “Kami jadi enggan mengurus pohon kelapa, karena hasilnya selalu tidak seperti yang diharapkan,” tambahnya lagi.(ad)

 

Posting Terkait